Hati-hati! Inilah Penyebab Rambut Rusak dan Tidak Sehat

By , Sabtu, 4 Juli 2015 | 04:00 WIB
Hati-hati, inilah penyebab rambut rusak dan tidak sehat (Nova)

“Masih banyak orang yang salah paham mengenai ritual perawatan rambut sehingga kondisi rambutnya pun rentan rusak dan tidak sehat,” demikian ujar dr. Lilik Norawati, Sp.KK FINSDV mengawali acara Nutrisi Rambut 1 Menit by L’Oreal Paris di Rumah Imam Bonjol, Kamis kemarin (3/7).

Lilik yang juga berprofesi sebagai dermatolog menjelaskan bahwa penyebab rambut rusak dan tidak sehat karena kurangnya asupan protein, zat besi, mineral dan lainnya. Ini alasan mengapa kesehatan rambut jadi tidak terjaga dan secara langsung memperburuk kondisi kilau rambut Anda.

Baca: Wow, Keramas dengan Bir Bisa Melebatkan Rambut

“Tidak hanya soal nutrisi, faktor eksternal seperti sinar matahari, polusi, dan kebiasaan menata rambut rambut bisa merusak lapisan luar serta kutikula rambut. Jika lapisan dalam rambut terekspos, rambut bisa menjadi kering dan kusam serta rontok karena tidak ternutrisi cukup,” jelasnya.

Lebih lanjut, Lilik pun mengakui jika kesalahpahaman sebagian besar masyarakat berlanjut akibat keliru memilih serta mengaplikasikan produk yang sebenarnya belum tentu sesuai menjawab permasalahan rambut Anda. Sembarang memakai zat yang terkandung dalam sebuah produk dalam waktu lama dan tidak cocok dengan jenis rambut akan semakin merusak kecantikan mahkota Anda.

Baca: Pastel Hingga Kontras, Tren Warna Rambut Musim Panas ala Blogger Kecantikan

Hal senada juga diungkapkan oleh Yosephine Widowati, Product Manager L’Oréal Paris Hair Care, menurutnya perawatan terbaik untuk mengatasi penyebab rambut rusak dan tidak sehat bisa dilakukan di mana saja tanpa perlu pergi ke salon, seperti di rumah dengan menggunakan masker rambut untuk menutrisi rambut hanya dalam satu menit saja.

“Berbagai penyebab rambut rusak dan tidak sehat dapat diminimalisasi lewat perawatan rutin dengan pemberian nutrisi yang tepat untuk kilau rambut seperti masker. Sejumlah keluhan seperti rambut rusak, kusam, rontok, patah, dan kering akan bisa terselesaikan jika dirawat intens,” ungkap Yosephine.