Kiprah Tiga Desainer Wanita (2)

By nova.id, Sabtu, 5 Januari 2013 | 08:45 WIB
Kiprah Tiga Desainer Wanita 2 (nova.id)

Kiprah Tiga Desainer Wanita 2 (nova.id)
Kiprah Tiga Desainer Wanita 2 (nova.id)

"Jeny bersama Iriana Jokowi dalam acara silatuhrami Hijabers Mom Community di Jakarta. (Foto: Moonstar Simanjuntak/NOVA) "

Di ajang itu rancangan Jeny memang memikat mata. Terinspirasi tenun khas Bali, baju two pieces berbentuk tunik, terusan panjang, kimono, cardigan, atau bahkan celana pendek hadir beraksen tumpuk warna-warni ala Harajuku styles. Dipadu bahan rajut dan rayon spandex, "Semuanya terjual, bahkan sampai baju dan aksesoris yang saya pakai, mereka mau beli. Kehabisan stok, mereka rela menunggu dikirim dari Indonesia," papar Jeny. Ia juga mengolah tenun Flores tampil modern bergradasi. Dan memamerkan koleksi busana muslim yang terinspirasi kultur seni kaum urban di ajang Jakarta Fashion Week 2012.

Segmen konsumen rancangannya berkisar di usia 25-50 tahun. Selain Indonesia, mereka berasal dari Oman, Malaysia, Prancis yang kerap pesan setelah melihat karyanya di internet. Ada juga yang langsung bertemu di workshop-nya di bilangan Cipinang, Jakarta Timur. Kekhasan rancangan Jeny terlihat dari ragam motif kain Indonesia. Ia juga bekerjasama dengan para UKM dan memberikan pelatihan.

"Mengangkat etnik dalam busana muslim sesuatu yang beda bagi pasar luar negeri. Kalau bukan kita, siapa lagi yang melestarikannya?" Jeny pun berpesan agar para desainer muda terus belajar dengan bekal ilmu dari sekolah fashion. "Mode selalu berulang tiap lima tahun, kita harus tahu sejarahnya. Namun diinovasikan dengan tren sekarang." Ia juga berangan-angan dapat mendirikan sekolah fashion khusus busana muslim. Sebab selain adanya permintaan, sudah banyak yang konsultasi soal fashion via telepon dan BBM.

Ade Ryani HMK