Car Free Night Di Pergantian Tahun 2012-2013

By nova.id, Jumat, 21 Desember 2012 | 02:27 WIB
Car Free Night Di Pergantian Tahun 2012 2013 (nova.id)

Car Free Night Di Pergantian Tahun 2012 2013 (nova.id)

"Irjen Putu Eko Bayuseno (Foto: Laili) "

Setelah diberlakukan Car Free Day  setiap hari Minggu pada jalan protokol ibukota demi membersihkan udara dari polusi udara akibat knalpot kendaraan, kini wacana baru muncul dalam rangka mengurangi polusi udara akibat knalpot kendaraan saat malam pergantian tahun.

Kamis (20/12) Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Putut Eko Bayuseno menjelaskan,  ada sebuah terobosan yang disebut Car Free Night  jalanan bebas kendaraan mulai pukul 18.00 WIB sampai 02.00 WIB, yang sedianya direalisasi saat malam tahun baru. Sebagaimana diketahui, kemacetan kerap melanda ibukota dan kota-kota besar lainnya karena banyak orang ingin menikmati momen pergantian tahun di jalanan.

Putut optimis sistem ini akan terwujud karena sudah banyak pemangku kepentingan di wilayah yang terkena dampak pergantian tahun, sepakat mendukung kebijakan tersebut.

"Sekarang yang masih perlu dibahas adalah soal jam operasional pemberlakuan sistem  Car Free Night karena saat ini belum ada titik temu antara kepolisian dengan pemerintah provinsi DKI Jakarta," tandas Putut.

Demi mendukung sistem CFN, polisi juga telah berkoordinasi menentukan lokasi parkir yakni beberapa lapangan luas di titik-titik keramaian Jakarta. Jika masyarakat tertib memarkir kendaraan dan tidak tumpah ruah di jalan, maka warga Jakarta dapat menikmati pergantian tahun 2012 - 2013 dengan berjalan kaki.  

"Kami tetap akan menjaga dan mengamankan lokasi parkir bagi masyarakat. Juga pada beberapa lokasi panggung hiburan yang menggunakan badan jalan,"  ujar Putut.

Laili