Kantongi Ratusan Juta Rupiah, Polisi Gadungan Simpan Ijazah Asli Korbannya

By nova.id, Rabu, 28 November 2012 | 12:50 WIB
Kantongi Ratusan Juta Rupiah Polisi Gadungan Simpan Ijazah Asli Korbannya (nova.id)

Kantongi Ratusan Juta Rupiah Polisi Gadungan Simpan Ijazah Asli Korbannya (nova.id)

"Kombes Toni Harmanto (Foto: Laili) "

Dirkrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Toni Harmanto menjelaskan,  polisi gadungan berinisial FB tidak mendatangi sendiri korban-korbannya yang ingin masuk menjadi anggota polisi. Saat menjalankan aksinya, FB mengerahkan beberapa orang yang menjaring calon korban. Baru setelah didapat kesepakatan, korban dipertemukan dengan FB.

"Mengenai komplotan, masih dilakukan penyelidikan lebih lanjut siapa saja yang menjadi kaki tangan FB," ungkap Toni.Uniknya, setelah calon polisi diterima oleh FB, korban yang sudah menyerahkan sejumlah uang puluhan bahkan ratusan juta ini kemudian diminta menginap hingga beberapa minggu bersama pelaku. Mereka diajarkan latihan fisik, ditambah beberapa kegiatan rumah tangga seperti mencuci, mengepel, menyapu dan sebagainya yang dianggap sebagai bagian dari latihan.

Saat dibekuk, FB yang sempat  diminta melakukan tes urin kedapatan positif menggunakan narkoba. "Untuk selanjutnya akan didalami jenis narkoba yang digunakan dan didapat dari mana," tandas Toni.

Sejauh ini, baru 2 orang yang mengaku kepada polisi menjadi korban penipuan FB. Namun saat FB dibekuk, ditemukan banyak ijasah asli dan kartu peserta ujian calon polisi lainnya. Atas temuan ini, polisi berharap para korban lainnya segera melapor untuk mengambil ijasah asli mereka.Laili