Peluang Usaha Modal Kecil (2)

By nova.id, Kamis, 18 Oktober 2012 | 05:41 WIB
Peluang Usaha Modal Kecil 2 (nova.id)

Peluang Usaha Modal Kecil 2 (nova.id)

"Foto: Dok Pri "

Waralaba Salad Buah

Awalnya, ibu tiga anak ini hanya ibu rumah tangga biasa. Karena ingin mencari kegiatan tak sekadar mengurus anak, Esther (42) tertarik berbisnis. Tapi yang bisa dilakukan di rumah sekaligus sambil mengurus anak dan keluarga. Bisnis yang diincar Esther dekat dengan kesehatan, yaitu salad buah.

Menurut Esther, jika ingin hidup sehat harus rajin makan buah karena banyak mengandung serat. Ditambah aneka dressing salad, sangat bisa dinikmati anak-anak. "Sebenarnya salad buah banyak yang bikin tapi hanya ditemui di pesta-pesta saja. Jadi, saya pikir dijual dalam jumlah kecil saja, tanpa harus menunggu datang ke pesta," tutur Esther yang berdomisili di Surabaya ini.

Esther memulai bisnis dengan modal tak terlalu besar pada tahun 2000. "Modal hanya meja untuk jualan seharga Rp 2-3 juta, kulkas, buah-buahan, dan bumbu. Total saya mengeluarkan uang sekitar Rp 4 jutaan. Sekarang, sih, mungkin butuh Rp 4,5-10 jutaan." Seperti salad lainnya, Esther memakai buah apel, pir, nata de coco, kiwi, jelly, lengkeng, anggur, atau leci. Lalu dicampur dengan bumbu salad.

Meski telah berjalan selama 12 tahun, konsep yang dipakai sampai saat ini tetap sama. "Bisa pesan atau langsung makan di tempat. Saya juga sudah mewaralabakan, mulai dari Denpasar, Gresik, Semarang, dan Jakarta. Bahkan di Surabaya sudah bisa ditemui di delapan mal."

Mereka yang memilih waralaba akan dilatih terlebih dulu di Surabaya, mulai dari pelatihan memotong buah agar sama bentuknya hingga belajar cara mempertahankan salad agar tak cepat cair. "Bumbu saladnya saya yang buat sendiri di Surabaya. Jadi tinggal dikirim."

Esther mematok harga saladnya mulai dari Rp 7.500 - Rp 220 ribu untuk ukuran 20x30 cm. Biasanya ukuran besar dipakai untuk acara ultah, pesta, atau makan siang.

Kendati berbisnis dengan modal kecil, nyatanya Esther bisa menangguk keuntungan cukup lumayan dari bisnis ini. Belum lagi permintaan waralaba yang terus mengalir. "Dengan modal Rp 5 juta, ibu-ibu muda yang ingin mendapat penghasilan sekaligus mengawasi anak bisa coba bisnis ini. Sekaligus bisa bikin tubuh tetap sehat dengan mengonsumsi salad buah," tandas Esther seraya menyebutkan harga paket waralaba delivery. Sedangkan paket counter (dilengkapi meja counter, peralatan, dan bahan-bahan) Rp 12,5 juta.

Nove