Dukungan Bertubi-tubi untuk Jokowi-Ahok (1)

By nova.id, Jumat, 28 September 2012 | 01:36 WIB
Dukungan Bertubi tubi untuk Jokowi Ahok 1 (nova.id)

Dukungan Bertubi tubi untuk Jokowi Ahok 1 (nova.id)
Dukungan Bertubi tubi untuk Jokowi Ahok 1 (nova.id)

"Ahok beserta sang istri, Veronica menunjukkan kertas suara sebelum melakukan pencoblosan.(Foto: Moonstar Simanjuntak/NOVA) "

Havermut untuk Ahok

Sementara Kamis (20/9) pagi, Veronica Tan (37) tak kalah sibuk dari sang suami, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, pasangan Jokowi di Pilkada DKI. Walau pun hari itu adalah hari penentuan bagi sang suami, Vero tetap menyempatkan diri menjalankan rutinitas mengantar anak-anaknya sekolah. "Sebentar, ya, saya ganti baju dulu," ujarnya ramah ketika sampai kembali di rumahnya yang sudah dipenuhi awak media.

Tak ada persiapan khusus menghadapi hari pencoblosan itu, katanya. "Tapi sejak kemarin Mama dan Mama Mertua sudah datang. Anak-anak juga sudah menyiapkan baju. Setelah putaran pertama lewat, kami sudah tahu mau bagaimana," ujarnya setelah muncul kembali mengenakan kemeja kotak-kotak khas pakaian kampanye Jokowi-Ahok.

Hanya saja, perhatiannya bertambah ekstra demi menjaga kesehatan dan stamina sang suami. "Bapak bangun jam 05.30 pagi untuk olahraga. Dia juga makan teratur dan tidak banyak makan gorengan. Untuk sarapan, biasanya saya siapkan havermut," bebernya.

Agar ketiga anak mereka tak merasa kehilangan sosok sang ayah yang kini kesibukannya kian menumpuk, Vero mesti jeli membagi waktu. "Kami berbagi tugas. Aku fokus ke anak-anak karena mereka tiap hari tumbuh. Kalau sudah lewat, kan, enggak bisa diulang lagi," ujar ibu dari Nicholas Sean (14), Natania (11), dan Daud (6).

Lucunya, si bungsu Daud sepertinya baru merasakan sang ayah kini begitu dikenal khalayak luas. "Suatu hari, sepulang sekolah dia tanya, 'Ma, kok, semua orang bisa tahu Papa? Terus mereka sebut Papa Ahok-Jokowi.' Rupanya buat dia, ini lucu sekali," kata Vero sambil tergelak.

Ternyata bukan hanya sang suami yang kian dikenal orang. Belakangan Vero pun mengaku kerap dihampiri ibu-ibu yang mengenalinya sebagai istri Ahok. "Mereka menyampaikan aspirasi, kalau Bapak jadi wakil gubernur, mereka ingin masalah macet, banjir, mobil omprengan yang semrawut, agar bisa diatasi."

Apakah nantinya jika Ahok resmi menjabat wakil gubernur, Vero akan pindah rumah? Ia mengaku tak bakal pindah dari kawasan Muara Karang, Jakarta Utara. Apalagi, sejak satu setengah tahun yang lalu Ahok-Vero memang tengah membangun rumah tinggal yang lebih besar dari yang saat ini mereka tempati. "Rencananya, Desember sudah siap ditinggali. Nanti tinggal di situ saja, lebih dekat dengan sekolah anak-anak."

Saat ini, ketegangan seakan masih tersisa di hati Vero. Maklum, KPUD baru akan merilis hasil resmi pengitungan suara di awal Oktober nanti. "Tapi kami tidak khawatir karena yakin hasilnya tidak akan terpaut jauh."

 Rini, Renty / bersambung