Jokowi Menang, Baju Kotak-kotak Masih Dijual

By nova.id, Senin, 24 September 2012 | 02:20 WIB
Jokowi Menang Baju Kotak kotak Masih Dijual (nova.id)

Jokowi Menang Baju Kotak kotak Masih Dijual (nova.id)

"Jokowi (Foto: Okki) "

Saat pemilihan Gubernur DKI, sejak pagi, beberapa pedagang di Pasar Gede, Solo sudah menyalakan televisi di lapaknya guna memantau berlangsungnya pilkada. Dua buah banner bergambar Jokowi-Ahok juga menghiasi bagian dalam pasar. Harni, pedagang buah-buahan tak jauh dari pintu masuk Pasar Gede, pagi itu juga mengenakan kemeja kotak-kotak yang menjadi ikon Jokowi.

"Iya saya memang menjagokan Pak Jokowi. Saya senang  dia terpilih jadi Gubernur Jakarta. Tidak apa Solo ditinggalkan, kan, akan ada gantinya yang juga baik. Semoga Jakarta Lebih baik di tangan Pak Jokowi. Kalau Jakarta baik Indonesia juga baik," tutur Harni yang memasang televisi berlayar LCD.

Di lapak Harni inilah pengunjung Pasar Gede dan sebagian pedagang sering behenti turut menyaksikan acara perhitungan cepat yang disiarkan beberapa televisi swasta. Mereka gembira saat perhitungan cepat mengunggulkan pasangan Jokowi-Ahok.

Di luar pasar, Toko Surya milik Ny.Suk Lan, masih menjajakan kain dan garmen bermotif kotak-kotak. Ada kemeja, baju koko, topi, peci, boneka, dan kain meteran. "Masih laku meski tidak sederas waktu lebaran lalu. Waktu itu saya sampai kewalahan. Pembelinya tidak hanya warga Solo, tapi juga dari Jakarta, Suraya, Kalimantan. Rata-rata mereka menjualnya lagi. Pas putran pertama tidak laku banyak. Tapi menjelang putaran kedua, luar biasa banyaknya," terang Suk Lan.

Semua benda yang bermotif kotak-kotak dijual secara retail dan grosir. Untuk boneka Jokowi-Ahok dijual Rp20 ribu, sementara kemeja ada tiga jenis harga, tergantung jenis kainnya. Ada katun, acrylic, dan TC."Kalau sarung padanannya peci, harganya Rp75 ribu," terang Tini karyawan Suk Lan.

Anak Tini, Candra (5), beberapa bulan lalu  mengaku belum pernah bertemu Jokowi dan sempat bertanya apa dan siapa Jokowi. Setelah dijelaskan ibunya, Candra langsung minta sarung, topi dan kemeja kotak-kotak. Setiap hari ia menegnakan topi kotak-kotaknya dengan bangga. "Saya suka Jokowi, kepengin ketemu, dan kepengin bicara," tutur Candra yang merahasiakan apa kemauannya bila ketemu Jokowi.

Eforia kemenangan juga dilampiaskan warga Solo di panggung yang didirikan di depan Taman Sriwedari. Panggung yang didirikan atas prakarsa Greget Pemuda Solo dan Fesbukers Comunity for Jokowi yang diketuai oleh Guntur Wahyu Nugroho, sejak pagi sudah dimeriahkan dengan pertunjukan musik. Puncaknya, ketika Jokowi memberi pidato kemenangan, pendukungnya yang sebagian besar berkostum kotak-kotak pun bergoyang  dan bersorak-sorai menyambut kemenangan jagonya.

Rini