Berkat Sinetron CHSI, Foto "Hello Kitty" di Media Sosial Melonjak Tajam

By nova.id, Rabu, 16 Juli 2014 | 09:02 WIB
Berkat Sinetron CHSI Foto Hello Kitty di Media Sosial Melonjak Tajam (nova.id)

Berkat Sinetron CHSI Foto Hello Kitty di Media Sosial Melonjak Tajam (nova.id)

""

Tabloidnova.com - Selama bulan suci Ramadan ini, televisi nasional dipenuhi tayangan bernuansa Ramadan. Salah satunya yang sedang banyak dibicarakan adalah sinetron Catatan Hati Seorang Istri (CHSI), yang tayang di RCTI setiap malam.

CHSI merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karangan Asma Nadia, mengisahkan tentang kehidupan para perempuan yang memiliki persoalan rumah tangga yang tampaknya sangat memikat perhatian masyarakat, khususnya kalangan ibu-ibu dan perempuan dewasa.

Di akhir Mei, tepatnya Sabtu (28/6) misalnya, CHSI memuncaki data kepemirsaan Nielsen Market ABC, dengan rating 7,0 dan share 32,3. Naiknya rating CHSI ini menjadi hal yang menarik, sebab berarti ada penilaian dari masyarakat yang menonton bahwa episode hari itu sangatlah penting atau paling ditunggu pemirsa.

Adegan yang ditunggu itu ternyata saat di mana Dewi Sandra sebagai pemeran utama yang bernama Hanna akhirnya mengetahui siapa sebenarnya sang 'Hello Kitty'. Sebutan Hello Kitty merupakan nama samaran dari wanita selingkuhan Bram, suami Hanna. Pembahasan Hello Kitty ini juga semakin ramai diperbincangkan di dunia maya.

Namun rupanya, rating dari Nielsen tak berbanding lurus dengan kicauan di Twitter. Dari pantauan Awesometrics selama sepekan ini, hanya ada 498 kali percakapan di Twitter yang menuliskan kata 'CHSI' atau 'Catatan Hati Seorang Istri' dengan 'Hello Kitty'. Ini masih terbilang sedikit untuk suatu tayangan sinetron yang tengah booming.

Namun demikian, perbincangan mengenai Hello Kitty yang terjadi sejak Jumat (27/6) terus meningkat dan puncak pembicaraan berada di hari Kamis (3/7), dengan tercatat sebanyak 330 pembicaraan. Kendati demikian, pembahasan mengenai Hello Kitty ini tidak hanya dibicarakan di media sosial Twitter, tetapi juga Path. Bahkan beredar beragam foto atau meme yang memuat berbagai lelucon tentang Hello Kitty dan CHSI.

Di sisi lain, ada kenyataan lain bahwa tingginya rating sebuah tontonan tak menjamin sentimennya selalu positif terhadap tayangan itu. Sebab, tak semua penggemar CHSI menyukai panggilan Hello Kitty yang akhirnya menjadi berkonotasi negatif lantaran ditujukan kepada perempuan peselingkuh.

Seperti yang ditemukan oleh Awesometrics, sejumlah tweet yang mengkritik panggilan Hello Kitty ini, termasuk sebagai lima status yang paling menarik untuk di-retweet. Seperti yang dikicaukan oleh akun @bella_pratami15, "Panggilan Karin jangan Hello Kitty dong :( kasian penggemar Hello Kittynya :( Hello Kitty kan lucu :( #CHSI". Ada pula pemilik akun lain, @RaychaSandra, yang berkicau, "Ra gara sinetron CHSI, Hello Kitty jadi di benci banyak orang huhuhuuuu~"

Intan/Awesometrics