Ustad Solmed Berbagi Tips Puasa untuk Anak-anak

By nova.id, Senin, 7 Juli 2014 | 09:25 WIB
Ustad Solmed Berbagi Tips Puasa untuk Anak anak (nova.id)

Ustad Solmed Berbagi Tips Puasa untuk Anak anak (nova.id)

"Ustaz Solmed (Foto: Icha) "

Tabloidnova.com - Ustaz Solmed memberikan tips ramadan untuk anak-anak. Hal ini dilakukan agar anak-anak mampu menjalani puasa hingga satu bulan penuh.

 "Kalau untuk anak-anak berpuasa itu memang belum wajib, berbeda dengan orang yang sudah akil baliq. Tapi tidak salah memperkenalkan kepada anak-anak perihal ibadah puasa," terang Solmed kepada tabloidnova.com, Senin (7/7).

Menurut Solmed, orangtua juga perlu menjelaskan manfaat dari puasa kepada anak.  "Menjelaskan manfaat puasa dan memberikan pendidikan bahwa ini adalah aturan agama, ada hikmah di balik yang kita ajarkan," kata Solmed.

 Menurut Solmed, memberikan hadiah bagi anak tidak dilarang, tapi justru menjadi penyemangat untuk menjalani ibadah puasa.

 "Kasih reward yang mereka suka. Kalau kita bilang nanti dapat surga, dia belum faham surga itu apa, pahala itu apa, tapi kalau kita bilang dapat hadiah yang dia suka, pasti makin semangat," sarannya.

Terakhir, Solmed juga menyarankan agar anak-anak tidak dipaksa untuk puasa seharian penuh. Dengan begitu, si anak tidak merasa tertekan menjalani ibadah puasa.

 "Jangan dipaksa, biarin aja, kalau enggak kuat, ajarkan mereka jujur. Jangan sampai mereka bohong karena takut. Jadi lebih baik mengajarkan anak jujur dari pada berbohong," tukas Solmed lagi.

Icha/Tabloidnova.com