Stasiun Kereta Api Bakal Mirip Bandara

By nova.id, Kamis, 26 Juli 2012 | 01:36 WIB
Stasiun Kereta Api Bakal Mirip Bandara (nova.id)

Stasiun Kereta Api Bakal Mirip Bandara (nova.id)

"Foto: Laili Damayanti/NOVA "

Kabar baik bagi pengguna jasa kereta api. Pada Lebaran tahun ini, PT KAI melakukan perbaikan pelayanan perkereta apian Indonesia dengan beberapa aturan pendisiplinan. Djoko Sri Martoyo, SM Komersil DAOP I Jakarta, mengungkapkan jika Lebaran tahun ini pihaknya akan memberlakukan beberapa aturan ketat mengenai ticketing.

Salah satunya adalah tidak adanya lagi pembelian tiket langsung. "Upaya ini memang untuk menekan penumpukan penumpang hingga di stasiun pemberangkatan," ujarnya.

 Selain itu pada mudik Lebaran 2012 ini juga akan diberlakukan aturan, hanya pemilik KTP dan nama sesuai tiket saja yang bisa masuk. "Jadi yang dapat masuk hanya mereka yang memiliki tiket saja. Batasnya hanya sampai pintu masuk pertama pada petugas peron," ungkapnya menjanjikan pelayanan akan seperti di bandara saat check in.

Tentu saja, upaya ini merupakan kelanjutan misi dari tahun ke tahun sebelumnya, dimana PT KAI ingin menekan percaloan.

Mengantisipasi lonjakan pengunjung stasiun dan risiko keamanan pada Lebaran nanti, PT KAI akan bekerjasama dengan 750 orang personill dari TNI dan POLRI. Mereka yang akan mendukung pengamanan titik-titik pemberangkatan.

"Kami mengharapkan sudah tidak ada lagi yang menginap di stasiun. Dan kami sarankan bagi yang tidak berhasil mendapat tiket Lebaran untuk beralih pada moda transportasi yang lain," pungkasnya.

Laili