Keluarga Martina Berlinang Airmata

By nova.id, Minggu, 24 Juni 2012 | 03:31 WIB
Keluarga Martina Berlinang Airmata (nova.id)

Keluarga Martina Berlinang Airmata (nova.id)

"Foto: Moonstar Simanjuntak "

Sebelum diberangkatkan ke tempat peristirahatan terakhir di Basse Sangtempe (Bastem) termasuk kawasan Kabupaten Luwu - perbatasan Tana Toraja dan Palopo- empat jenazah keluarga Mayor Yohanis Tandi Sosang disemayamkan di rumah duka di Makassar.  Sabtu (23/6) siang pelayat masih terus berdatangan untuk mengucapkan belasungkawa.

Peti Martina Rore (67), ibunda Yohanis, sempat dibuka. Sebagian benda kesukaan Martina ikut dimasukkan ke dalam peti. Antara lain beberapa busana dan Al Kitab. "Ini Al Kitab-nya. Biar menemani Mama," tutur si bungsu Antonius Lebang. Sambil bertutur pemuda 20-an itu terus berlinang airmata.

Siang hari itu, kembali diadakan kebaktian. Kidung penghiburan dan pengharapan dikumandangkan, serta doa-doa penguatan. Malamnya, empat jenazah menuju tempat peristirahatan terakhir, kampung halaman Martina Rore yang berasal dari rumpun keluarga Tongkonan.

Mayor TNI AU Yohanis amat tabah menghadapi musibah  ini. Ia mengatakan, sesuai adat Toraja, keluarga besarnya juga akan melakukan upacara adat.

Henry