Perempuan Inspiratif NOVA 2012 Nominator Editor's Choice (1)

By nova.id, Senin, 30 April 2012 | 00:39 WIB
Perempuan Inspiratif NOVA 2012 Nominator Editor s Choice 1 (nova.id)

Perempuan Inspiratif NOVA 2012 Nominator Editor s Choice 1 (nova.id)
Perempuan Inspiratif NOVA 2012 Nominator Editor s Choice 1 (nova.id)

"Foto: Rini/NOVA "

Sofie N. Safitri (Konten Lokal Jateng, NOVA No. 1257)

Sofie N Safitri menggerakkan jemari lentiknya, mengajari tari-tarian daerah kepada penghuni Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Magelang. Kegiatan ini dilakoninya di tahun 2007 lalu. "Ceritanya saya yang mengajar tari di SD Gedongsari 5 dan UMM sering diminta menari jika ada pejabat datang. Oleh Direktur RSJ Magelang, Pak Junaidi, saya diminta melatih pegawai RSJ menari," ujar Sofie membuka cerita.

Saat melatih para pegawai RSJ itulah, menurut Sofie, banyak pasien yang mengikuti gerakan tarinya di belakang. "Saya heran, kok, orang sakit jiwa bisa mengikuti tari dengan baik?" ujar Sofie yang kemudian menemukan tari bisa berpengaruh baik bagi para pasien RSJ. "Ini sebagai sosial terapi. Pasien kalau minum obat, kan, jadi lelah dan tidur. Daripada minum obat, saat pasien menari fisiknya jadi lelah dan akan tertidur sendiri."

Menghadapi pasien RSJ pun harus dilakoni Sofie dengan sabar. "Pernah ada yang menjambaki rambut saya. Dikiranya saya pacar bekas suaminya, ha ha ha," tukas Sofie yang meraih predikat Pemuda Pelopor (PP) Tingkat Nasional berkat kiprahnya.

Berkat predikat PP Sofie pula, pasien RSJ jadi bisa lebih banyak keluar RSJ untuk pentas tari bersamanya. "Penonton banyak yang mengira saya juga pasien RSJ. Bahkan banyak yang bilang, 'Cantik-cantik, kok, sakit jiwa?' Ha ha ha," tutur Sofie yang tak pernah ambil pusing dengan anggapan orang.

Sayang, Januari lalu Sofie mengalami kecelakan motor yang membuat engsel kakinya patah. Otomatis, ia harus berhenti menari. Sofie yang pernah belajar membatik dari seorang pasien RSJ lantas banting setir. "Saya membuat Sekar Batik, menggali motif Magelangan yang memang belum ada."

Dengan brand Sekar Batik, Sofie berhasil mendapatkan penghargaan juara 1 Kube (Kelompok Usaha Bersama) Berprestasi Tingkat Nasional. "Kalau sedang pameran, saya ajak para pekerja miskin untuk jadi SPG," tutupnya.

Ajeng / bersambung