Kerajinan Biota Laut Situbondo

By nova.id, Rabu, 25 April 2012 | 23:26 WIB
Kerajinan Biota Laut Situbondo (nova.id)

Kerajinan Biota Laut Situbondo (nova.id)
Kerajinan Biota Laut Situbondo (nova.id)

"Sudah belasan tahun Bahrul menekuni usaha sebagai perajin gelang etnik dari cangkang kerang. (Foto: Gandhi/NOVA) "

Sentuhan Seni

Perajin lain Bahrul Efendi (44) di Desa Kilensari, Kec. Panarukan, beda lagi hasil kerajinanya. Bapak tiga ini  membuat gelang berbahan cangkang berbagai bahan biota laut. Selain itu, kulit kerang yang dipakai pun berbeda-beda. Ada jenis klit kerang susu, kerang kupang, kerang mon-mon, serta kerang bulukuwak. Ia membelinya dari seorang pengepul di kawasan Panarukan. 

"Kerang-kerang itu  bukan diambil dari laut kawasan Situbondo, tapi berasal dari Pulau Lombok, Raas, Sapeken, bahkan ada yang dari Sulawesi.  Makanya meski hanya cangkang, harganya lumayan mahal. Per kilo mulai dari harga Rp 14 ribu sampai Rp 17 ribu," jelas Bahrul.

Daerah pemasaran Bahrul mayoritas di Bali. Kerajinan karyanya pun banyak diminati turis asing.  "Bahkan setelah sampai Bali, gelang ini diekspor ke berbagai negara oleh supplier  yang ada di sana," jelas Bahrul yang memiliki  7 karyawan.

Beda lagi hasil karya Ilham (33). Pria yang tinggal satu desa dengan Bahrul ini membuat suvenir papan surving mini. Ia membuatnya dari kayu dan berbentuk oval. "Saya membuat beragam ukuran. Untuk ukuran kecil, saya membuatnya jadi gantungan kunci dan suvenir pernikahan. Ukuran besar bisa dijadikan hiasan meja, hiasan dinding ruang tamu, juga bingkai foto."

Sebagian besar karya Ilham juga dikirim ke Bali. Selanjutnya, pemasok mengirimnya ke berbagai negara Eropa. Karya bapak dua anak ini rupanya memang sangat diminati orang asing.  Papan surving karyanya memang sarat sentuhan seni.  Bahan kayu yang dibentuk oval itu dicat rapi. Selanjutnya, di atas papan surving diukir dengan bentuk  berbagai biota laut, misalnya gambar penyu atau ikan. Ilham juga mematok harga tak terlalu mahal. Untuk gantungan kunci hanya Rp 4 ribu, sedangkan paling besar berupa bingkai foto atau hiasan dijual dengan harga per buah Rp 20 ribu.

Para perajin pun mantap menekuni usahanya karena hasilnya mampu menyejahterakan keluarga.

Gandhi Wasono M