Nova Inspiring Day: Emansipasi Perempuan

By nova.id, Kamis, 19 April 2012 | 05:54 WIB
Nova Inspiring Day Emansipasi Perempuan (nova.id)

Nova Inspiring Day Emansipasi Perempuan (nova.id)

"Foto: Okki "

Dalam rangka menyambut hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April,  NOVA untuk yang ketiga kalinya menggelar Nova Inspiring Day. Kali ini, Nova Inspiring Day mengangkat tema 'Emansipasi Perempuan'. Nova Inspiring Day kali ini digelar di Gedung Wanita Patra, ?jalan Sinabung II Terusan Simprug, Jakarta Selatan, Kamis (19/4) pagi dibuka dengan lantunan lagu kebangsaan Indonesia Raya tepat pukul 09.50 wib.  Rangkaian dibukanya Nova Inspiring Day kali ini menghadirkan Tarian Khatulistiwa, yang 'merangkum' beberapa tarian dari Nusantara, seperti tari Bali, Tari Piring dari Padang, dan juga tari Saman dari Aceh. Tarian khatulistiwa itu dibawakan oleh lima wanita berpakaian tradisional berwarna merah lengkap dengan hiasan kepala berupa roncean bulu berwarna hitam. Setelah dibuat terpukau oleh lima penari cantik, 'opening ceremony'  dilanjutkan dengan senandung lagu-lagu nasional oleh sembilan orang yang tergabung dalam paduan suara. Lagu Ibu Kita Kartini serta Halo-Halo Bandung mengalun pun lantang. Sahnaz Haque kemudian  memandu acara bincang-bincang dengan Tupperware She Can! Dalam Nova Inspiring Day kali ini, Sahnaz memboyong Nuraeni (Eni), seorang ibu yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan, sebagai narasumber inspiratifnya.

"Mudah-mudahan wanita yang satu ini bisa menginspirasi. Wanita ini hidup sendirian, seorang janda, dengan tiga anak laki-laki, karena suaminya mendadak meninggal. Tapi beliau wanita luar biasa, kami bawa dari Makassar. Wanita ini satu-satunya sarjana di kampungnya. Wanita yang berhasil membawa para nelayan bebas dari jeratan hutang," puji Syahnaz sambil memanggil perempuan yang juga pendiri Kooperasi Fatimah Az Zahra itu. Singkat cerita, ibu Eni adalah janda tiga anak yang tiba-tiba ditinggal pergi oleh sang suami lantaran serangan jantung tahun 2004 silam. Eni yang seorang ibu rumah tangga biasa tanpa penghasilan, awalnya mengaku kebingungan dan nyaris menghilangkan nyawa alias bunuh diri karena tak sanggup menafkahi tiga anak lelakinya yang saat itu masih kecil.

Berbekal keinginan dan potensi diri, sejak perjuangannya di tahun 2004 lalu, Eni malah berhasil merangkul istri-istri nelayan dengan membekali mereka pengetahuan serta keterampilan. "Kehilangan suami seperti rumah kehilangan lampu, sakit dan tak bisa terbahasakan. Akhirnya saya dekati istri nelayan, saya cuci otaknya, saya jadikan baik, saya ajak istri nelayan bekerja sesuai dengan kemampuannya dengan pinjaman koperasi," kata Eni yang langsung disambut riuh tepuk tangan peserta. Setelah dibekali cerita penuh inspirasi dari ibu Nuraeni, ibu-ibu yang hadir juga turut dibekali presentasi dari partner setia NOVA, yakni Tupperware, yang menelurkan produk terbaru bernama 'Sweam It' dan disambung dengan demo masak oleh praktisi boga, ibu Sisca Soewitomo. Ada yang unik dalam demo masak kali ini, selain ibu Sisca menularkan ilmu memasaknya, ibu yang baru saya merayakan ulang tahunnya yang ke-63 itu juga membawa serta dua anak serta seorang cucu lelakinya untuk memasak. "Ini cucu saya dan anak-anak saya, kecil-kecil sudah jago masak dan sering ke dapur," puji Sisca.  Saat jam menunjukkan pukul 12.30 wib, beberapa wanita cantik lengkap dengan jilbab alias hijab moderen tampil berlenggak-lenggok di hadapan hadirin. Ya! Mereka memperagakan busana muslim karya perancang Yeni Cahyawati.  Setelah mata dimanjakan oleh  ibu-ibu cantik,  Nova Inspiring Day  membagi-bagikan kenang-kenangan bagi pembaca setia. Acara  ditutup dengan pembagian doorproze serta grand prize sebuah televisi plasma. Selamat! dan Sampai berjumpa di Nova Inspiring Day tahun depan! Semangat para Kartini!Okki