Natalie Sondakh, Glamor dan Eksklusif

By nova.id, Sabtu, 11 Februari 2012 | 07:11 WIB
Natalie Sondakh Glamor dan Eksklusif (nova.id)

Natalie Sondakh Glamor dan Eksklusif (nova.id)

"Natalie Sondakh (Foto: Lila) "

Mencintai busana membuat Natalie Sondakh (35) punya ide untuk membuat 1 tas dan 1 tas pesta (clutch) sendiri. "Biar lebih match," ujar Natalie saat ditemui di rumahnya di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (10/2). Lantaran untuk dipakai sendiri, lulusan Sastra Prancis UI tahun 1999 ini sengaja mendesain secara eksklusif dengan menggunakan kulit sapi asli. Rupanya, teman dan keluarganya tertarik untuk memiliki tas buatan Natalie.

"Sebelumnya tak pernah terpikirkan akan menjadikannya sebagai usaha, tapi respon mereka bagus. Akhirnya saya mulai bikin agak banyak supaya ada stok ketika ada permintaan. Waktu itu, saya bikin hanya dari kulit sapi dan ular piton, bekerjasama dengan pengrajin kulit lokal. Desain saya bikin sendiri," ujar perempuan berambut panjang ini. Lantaran dibuat dari kulit asli, tas dan tas pesta tidak bisa diproduksi dalam bentuk yang sama persis.

 "Satu model biasanya saya buat 2-3 buah dengan warna atau tekstur berbeda-beda. Bahannya memang terbatas, bisa saja kulitnya hanya cukup untuk dua tas saja, itu pun dengan warna atau model berlainan. Pembuatannya pun lama karena semuanya dibuat dengan tangan. Satu desain biasanya butuh waktu 3-4 bulan untuk benar-benar oke diproduksi," ujar Natalie yang menjadikan rumahnya sebagai workshop sekaligus show case produk.

Jumlah yang terbatas ditambah kesan glamor yang selalu muncul di tiap produk membuat produk yang diberi label Blink ini menjadikannya eksklusif. Apalagi, kualitas bahan dan pengerjaan benar-benar diperhatikan Natalie. Tak heran, ia mematok harga cukup tinggi. Harga tas pesta berkisar Rp 2,8 juta-Rp 8 juta, sedangkan tas besar Rp 4,5-Rp 15 juta. "Untuk harga Rp 8 juta ke atas menggunakan kulit buaya lokal dan kulit burung onta dari Afrika," jelas Natalie yang juga menerima pesanan khusus.

Sejak 2010, ia juga membuat sepatu dengan harga mulai Rp 1,3 juta dan aksesori seperti sabuk dan gelang dengan harga mulai Rp 850 ribu. Dalam sebulan, ia menjual 15-200 buah produk untuk kelas A+ usia 28-40 tahun ini. Blink, menurut Natalie, banyak dipakai artis, bahkan tasnya dipakai sebagai properti dalam film Arisan! 2. Namun, agar lebih dikenal dan punya jaringan lebih luas, Natalie ikut IFW 2012. "Saya ingin banget bisa ekspor. Kebetulan sudah ada yang menawari," pungkas ibu dua anak ini.  

Hasuna Daylailatu