GKR. Pembayun Galang Bantuan Banjir

By nova.id, Selasa, 3 Januari 2012 | 01:51 WIB
GKR (nova.id)

GKR (nova.id)

"GKR Pembayun (Foto: Wantex) "

Sebagian wilayah Yogyakarta dan Bantul,DIY terendam banjir akibat hujan yang terus-menerus mengguyur kota itu, sejak Minggu (1/1) jam 14-22.30 malam. Arus air kali Winongo dan Code, dan Bengawan Solo juga meluap, akibatnya air setinggi 1 meter masuk ke rumah-rumah dan menghanyutkan sepatu, tas, buku, lembar kerja siswa, baju. Luapan air itu membawa lumpur lahar dingin dari Merapi.  Pukul 02.00 dinihari air sempat surut dan meninggalkan lumpur di mana-mana.

Musibah ini mendorong putri sulung SultanHB X, GKR.Pembayun bergerak menggalang bantuan. Inilah pesannya yang dikirim melalui BBM di pagi hari Selasa (3/1).

"SOS CV Jogya perlu bantuan. Terdapat enam (6) lokasi Children Center di kota Yogyakarta (rumah2 anak di sekitar Cermin, Sudagaran, Jogja Ceria, Groanter, Parade Senja, Sayidan), dua ( 2)  di Bantul (Kunang2 dan Cokrojayan), dan 1 di Sragen (Yogawasesa) yang membutuhkan bantuan. Bilamana ada sepatu layak pakai, tas, buku sekolah/buku tulis,  pencil/pulpen, seragam anak SD, SMP, SMA putra putri, baju layak pakai, silakan di sumbangkan. Mainan anak juga boleh. Tali tambang, pelampung anak, mantel hujan/jaket layak pakai untuk anak juga bisa. Senter, selimut, tikar, obat2an untuk gatal dan minyak2 penghangat tubuh, juga diperlukan. Alamat pengiriman ke SOS Jogya, Jl. Timoho 2 no 107B Jogya. Telp 0274-566077 dan 0274-9128239," paparnya.

Hari ini SOS CV Jogya, lanjut Pembayun, menyertakan GKR.Hemas dan Sultan  HB X yang membantu secara sembako untuk dapur umum, pacul, sarung tangan, cethok, ember, di beberapa lokasi. "Ada salam dari beliau sekeluarga. Beliau menyampaikan pesan, bila memungkinkan, ada gerakan anak2 SOS lainnya yang bisa membantu setidaknya untuk anak-anak dan keluarga dampingan SOS. Untuk segala perhatian, dukungan, dan ketulusannya untuk anak-anak kita, kami ucapkan beribu terima kasih." Rini