Uniknya Rasa Nasi Tempong dan Nasi Cawok (2)

By nova.id, Senin, 28 November 2011 | 06:18 WIB
Uniknya Rasa Nasi Tempong dan Nasi Cawok 2 (nova.id)

Uniknya Rasa Nasi Tempong dan Nasi Cawok 2 (nova.id)
Uniknya Rasa Nasi Tempong dan Nasi Cawok 2 (nova.id)

"Foto: Gandhi Wasono M "

Erly juga menceritakan, usaha rujak soto ini memang sudah dirintis ibunya sejak puluhan tahun silam. Saat itu, tempat tinggalnya masih belum sebagus sekarang. Dulu , warung rujak sotonya ,asih berada di teras rumah yang sederhana. Saat itu, harga rujak sotonya masih berkisar Rp 750 sampai Rp 1000 per mangkuk. Sedangkan saat ini, semangkuk rujak soto harganya mencapai Rp 10 ribu. "Tapi kalau pembeli ingin jeroannya diganti daging, harganya lebih mahal, Rp 15 ribu per mangkuk," imbuh ibu seorang anak ini.

Makanan khas Banyuwangi ini, lanjut Erly, makin hari makin popular di masyarakat, terlebih para pendatang. Ini terbukti dengan makin banyaknya pembeli yang datang, baik itu warga asli Banyuwangi maupun dari kota-kota lain. "Saya kira, di kota lain hampir tidak ditemukan penjual rujak soto," ujar Erly seraya menjelaskan, rujak soto merupakan jenis makanan yang cocok disantap siang hari.

Saat ini, dalam sehari Erly bisa menghabiskan sebanyak 20 kg daging dan jeroan. Sedang di hari minggu atau libur, ia bisa menghabiskan hingga 30 kg. Jumlah ini akan berlipat-lipat jika tiba waktu liburan panjang atau Lebaran. Omsetnya, dalam sehari Erly bisa mengantungi penghasilan Rp 4 juta. "Memasuki musim liburan, pendapatan saya bisa lebih besar lagi, bisa berlipat-lipat kalinya," aku Erly, yang selain menjual rujak soto juga menyediakan berbagai aneka rujak buah dan makanan berat lain di warungnya.

Gandhi Wasono M