Eksplorasi Kota Jember, Eksotika Wisata di Timur Jawa (2)

By nova.id, Sabtu, 22 Oktober 2011 | 10:09 WIB
Eksplorasi Kota Jember Eksotika Wisata di Timur Jawa 2 (nova.id)

Eksplorasi Kota Jember Eksotika Wisata di Timur Jawa 2 (nova.id)

"Hotel Rembangan berkesan homy, cocok untuk tempat rekreasi keluarga (Foto: Laili Damayanti) "

Rembangan Hotel Agrowisata Buah Naga

Kawasan yang terdapat di sebelah utara alun-alun Kota Jember merupakan wilayah berdataran tinggi. Lokasi ini disebut Rembangan. Di sepanjang jalan menuju tempat ini banyak terdapat kebun-kebun buah naga yang terhampar luas milik warga.

Dan di ujung jalan, terdapat hotel yang juga merupakan warisan dari zaman Belanda, bernama Hotel Rembangan. Hotel ini merupakan kawasan wisata yang menawarkan tempat peristirahatan, rekreasi, juga panorama indah yang dikelola oleh Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Jember.

Di dalam kawasan hotel yang berbukit-bukit juga terdapat satu area kebun buah naga yang dijadikan lokasi agrowisata. Meski tak luas dan hanya memiliki sekitar 600 pohon buah naga isi putih, kebun ini adalah satu-satunya yang dibuka sebagai agrowisata di sekitar Rembangan.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati panen buah naga di sini hanya dipungut biaya sebanyak buah naga yang akan dibawa pulang. Bila bertepatan dengan waktu setelah Panen Pisang Agung (acara khas di Jember), Anda juga bisa membeli pisang yang akan dibeberkan di halaman hotel.

Untuk dapat memasuki kawasan ini Anda bisa menggunakan ojek. Di siang hari biasanya ojek bisa disewa seharga Rp 50 ribu sekali perjalanan. Sedangkan di malam hari tarifnya bisa naik dua kali lipat. Alasannya, panorama malam dari hotel inilah yang selama ini menjadi jualan utama kawasan "puncak" di Jember ini. Dari ketinggian, Anda bisa melihat kelap-kelip lampu warga Jember yang cantik. Bila ingin lebih nyaman, sebaiknya menggunakan kendaraan carteran atau pribadi, mengingat tak ada angkutan yang langsung menuju kawasan ini.

Saat akan memasuki kawasan, Anda akan dikenai biaya Rp 7.500 per kepala. Tiket ini sudah termasuk untuk menikmati fasilitas kolam renang dan taman bermain. Sedangkan jika berminat untuk bermalam, tarif yang dikenakan mulai Rp 125 ribu untuk kamar standar, hingga Rp 1.250.000 untuk suite room kapasitas 6 orang.

Laili Damayanti