Menkes Sebulan Sekali Jalani Kemoterapi

By nova.id, Selasa, 27 September 2011 | 04:25 WIB
Menkes Sebulan Sekali Jalani Kemoterapi (nova.id)

Menkes Sebulan Sekali Jalani Kemoterapi (nova.id)

"Menkes dan walikota Jokowi di rumah sakit (Foto: Wantek) "

Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih terlihat menjenguk  para korban bom bunug diri GBIS, Kepunton Solo di RS.Dr.Oen Solo, Senin (26/9) malam. Penampilan Menkes di Solo terlihat segar meski seharian menjalankan aktivitasnya sebagai abdi negara di Jakarta. Padahal, menjelang akhir tahun lalu, ia sempat diberitakan menderita kanker paru-paru.

Lalu, apa kiat Bu Menteri tetap terlihat vit dan tidak seperti orang menderita penyakit kanker? "Saya termasuk beruntung, kanker saya masih stadium IV. Baru gejalanya yang tampak. Saya baru merasa sakit saat diobati, saat kemo. Biasanya begitu. Hampir sebulan sekali saya kemo. Tapi nano kemo, ya," terangnya pada NOVA usai mengunjungi korban bom bunuh diri.

Lulusan Harvard School  of Publik Health ini kemudian bersedia berbagi tips untuk sesama penderta kanker. "Pertama, diterima saja. Tuhan memberi macam-macam anugerah, ya kita harus berterima kasih. Tetapi ketika diberi penyakit, jangan komplain. Yang penting sikap kita bisa menerima penyakit itu.  Kedua, Kita tidak tahu umur kita akan sampai kapan. Jadi harus menggunakannya semaksimal mungkin  untuk  mempererat hubungan dengan keluarga, juga berbuat yang terbaik untuk  orang lain."

Untuk menjaga kebugaran tubuhnya dan "melupakan" penyakitnya, Menkes yang hobi olahraga ini di sela kesibukannya sebagai Menkes dan ibu bagi dua putra ,satu putri, mengisinya dengan membaca buku atau  nonton  film ke bioskop.

Usai membesuk korban bom, Bu Menkes langsung meluncur ke hotel dan esok harinya jam 07.45 sudah take off ke Jakarta, langsung kekantor Kemenkes menjalankan tugasnya sebagai Menteri Kesehatan.

Rini