Bisnis Menjanjikan Jelang Lebaran (2)

By nova.id, Jumat, 26 Agustus 2011 | 03:32 WIB
Bisnis Menjanjikan Jelang Lebaran 2 (nova.id)

Bisnis Menjanjikan Jelang Lebaran 2 (nova.id)
Bisnis Menjanjikan Jelang Lebaran 2 (nova.id)

"Foto: Gandhi Wasono M "

Berawal  Dari Rajut

Ibu lima anak dengan enam cucu itu sudah berkiprah di bisnis busana muslim berlabel Yani Collection sejak lima tahun lalu. Namun, Yani mengaku tak menguasai teknik menjahit dan memotong. Kendati demikian, ia memiliki kelebihan bisa mendesain, lengkap dengan aksesorinya. "Jadi ketika saya punya gambar model baju, saya utarakan ke karyawan untuk dibuat polanya," kata Yani yang menjual baju buatannya Rp 250 ribu hingga Rp 1,2 juta.

Sebelumnya, di awal 1997 ia mengawali bisnis dengan menjual aneka rajutan. Tak hanya busana rajut, tapi juga dompet. "Saat itu rajutan sangat boming, makanya ketika krisis moneter saya justru bisa beli dua mobil dan rumah hasil dari jual rajutan," kata wanita cantik ini.Setelah tren rajut mulai meredup, Yani beralih ke bordir. Seperti halnya rajut, berkat ketekunanya dan mampu membaca selera pasar, usahanya berkembang pesat. Yang dibordir pun banyak macamnya, mulai dari kebaya sampai batik.

Yani yang tinggal di Gresik ini kemudian mulai mempelajari berbagai hal tentang busana muslim, sebagai persiapan apabila demam bordir mulai menurun. "Makanya ketika peminat bordir mulai berkurang, saya sudah terjun ke bisnis busana muslim," kata Yani yang mantan karyawan perusahaan komputer.

Soal detail bebatuan yang dijadikan hiasan pada baju muslimnya, Yani juga membuat motif lukisan dari cat berbahan acrylic yang tahan air. Lukisannya lebih banyak bermotif bunga, yang memeberi nuansa berbeda pada baju muslimnya. Soal lukisan ini, lanjut Yani, bila si pembeli awalnya membeli busana beraplikasi manki-manik atau bebatuan, ketika bosan, bisa saja hiasan itu dilepas kemudian diganti dengan lukisan di tempat yang sama. "Jadi, kesannya seperti baju baru," imbuh lulusan Administrasi Negara dari sebuah pergurian tinggi swatas di Surabaya ini.

Noverita, Gandhi