Kuliner Unik dari Gresik Populer karena Keunggulan Rasa (2)

By nova.id, Minggu, 31 Juli 2011 | 05:36 WIB
Kuliner Unik dari Gresik Populer karena Keunggulan Rasa 2 (nova.id)

Kuliner Unik dari Gresik Populer karena Keunggulan Rasa 2 (nova.id)
Kuliner Unik dari Gresik Populer karena Keunggulan Rasa 2 (nova.id)

"Cara membuat otak-otak bandeng termasuk sulit. Namun, rasanya dikenal sangat lezat. (Foto: Gandhi Wasono M) "

"Dalam sehari, kami bisa menjual sekitar 200-300 otak-otak bandeng. Tapi, di musim liburan atau menjelang hari besar, bisa mencapai 500 ekor ikan," papar Rosyid yang menjual otak-otak bandengnya Rp 37.500 per ikan.

Namun ia berpesan, karena pembuatan otak-otak bandeng ini tidak menggunakan bahan pengawet, jadi hanya bisa bertahan sekitar 2-3 hari saja. Kecuali kalau dimasukkan dalam kulkas, bisa bertahan hingga 5-6 hari. dan karena tempatnya menjadi jujugan para pembeli, ia pun tentu tak bisa main-main dalam memberikan servis terhadap para pelangan. Ia selalu berusaha menjaga kualitas ikannya.

Untuk itu, ia selalu menjual ikan dalam keaadan fresh, yakni membuatnya setiap dua jam sekali. Selain itu, bandeng yang menjadi bahan utamanya selalu diambil dari ikan bandeng air asin, sehingga tak bau tanah. "Kan, ada juga bandeng air tawar, tapi biasannya kurang enak, sebab ada aroma tanahnya kalau dimakan," imbuh Rosyid, yang neneknya adalah perintis usaha otak-otak bandeng yang sudah berdiri sejak tahun 60-an.

Gandhi Wasono M