Icip-icip Semarangan (1)

By nova.id, Sabtu, 12 Maret 2011 | 17:06 WIB
Icip icip Semarangan 1 (nova.id)

Icip icip Semarangan 1 (nova.id)
Icip icip Semarangan 1 (nova.id)
Icip icip Semarangan 1 (nova.id)

"Endang menciptakan resep asem-asem balungan sendiri, yang kini sudah semakin terkenal di semarang (Foto: Laili) "

Asem-Asem Balungan Kambing

Ada satu tempat yang menawarkan menu asem-asem balungan kambing nan lezat. Namanya, Pondok Makan Sederhana Mbak Endang yang terletak di Jalan Majapahit. Tepatnya di dekat jalan layang Gayamsari.

Sekali mencoba menu spesial ini, dijamin akan bikin ketagihan. Cita rasa asam, pedas dan manisnya, juga aroma gurih kaldu tulang kambingnya terasa pas di lidah. Endang, yang sudah berjualan aneka masakan sejak 1987 ini mengakui, dirinya menciptakan sendiri masakan asem-asem balungan kambin. "Isinya iga, sumsum dan tulang lutut kambing, saya masak degan bumbu asem-asem," ungkapnya.

Meski tak mau dibilang spesial, terbukti depot Endang selalu ramai dikunjungi pembeli. Bahkan, Endang mengaku sulit menyediakan tempat duduk yang memadai. Akhirnya, tak jarang pelanggan yang datang tak kebagian kursi lalu membungkus makanannya.

Seporsi nasi asem-asem balungan kambing dibanderol Rp 17 ribu. "Tapi saya cuma bikin 5 kilogram balungan saja perhari," ungkap Endang. Satu lagi kelebihan warung Endang, selain lezat, tempatnya dikenal resik. Tak heran, pelanggannya terus bertambah.

Laili Damayanti / bersambung