Kreasi Unik Kartu Undangan

By nova.id, Sabtu, 18 Desember 2010 | 17:03 WIB
Kreasi Unik Kartu Undangan (nova.id)

Kreasi Unik Kartu Undangan (nova.id)
Kreasi Unik Kartu Undangan (nova.id)

"Foto: IST "

Ratusan Pilihan Template

Nah, jika dalam waktu dekat ini akan menggelar acara istimewa, misalnya pesta Natal, Tahun Baru, ulang tahun anak, atau sekadar arisan, dan ingin mengundang sahabat, teman, atau tetangga, Anda bisa, kok, mencontoh apa yang sudah dilakukan Endah. Program Microsof Word sudah menyediakan template-nya. Anda tinggal mengganti kalimatnya saja.

Langkah pertama, buka program Microsof Word di komputer. Untuk contoh ini, kami menggunakan Microsof Office Word 2007. Silakan klik Open, lalu New. Ada dua pilihan "kertas" untuk menulis. Ingin yang blank atau template, silakan dipilih.

Jika memilih menulis dengan template design, Microsof Word ternyata menyediakan ratusan desain yang dikelompokkan berdasarkan jenis dan keperluannya. Mulai dari undangan, fax, desain buku, amplop, kartu mana, poster, flyer dan sebagainya. Pendek kata, apapun yang ingin Anda cetak, ada template-nya.

Dengan sejumlah template tadi, Anda bisa mengganti kalimat, model font (huruf), warna, foto, dan lainnya. Jadi tak perlu khawatir, kreasi pribadi akan tampak pasaran. Pasalnya, meski menggunakan template, Anda tetap bisa berkreasi agar apa yang dibuat sesuai keinginan dan kepribadian.

Lalu, apakah kreasi pribadi Anda ini harus di-print? Oh, tidak selalu. Jika berniat menyebarkan undangan atau flyer lewat internet, Anda tak perlu mencetaknya, bukan? Simpan saja kreasi undangan tadi dalam bentuk digital lalu upload ke web atau blog pribadi, milis, Facebook, atau jejaring sosial lainnya.

Untuk mengubah file hasil kreasi udangan dalam format word ke jpg., Anda bisa melakukan print screen dan menyalinnya (copy-paste) ke Photoshop atau program pengolah gambar lainnya. File ini juga bisa dicetak di studio foto, jika desain Anda lebih banyak warna dan printer biasa tak sanggup mencetak sesuai keinginan Anda. Nah, jika demikian, solusinya bawa saja file digital undangan kreasi Anda ke studio foto. Selamat menjadi desainer!

 Sukrisna

foto-foto: ist