Saatnya Kopi Lokal Unjuk "Rasa" (2)

By nova.id, Minggu, 12 Desember 2010 | 17:06 WIB
Saatnya Kopi Lokal Unjuk Rasa 2 (nova.id)

Saatnya Kopi Lokal Unjuk Rasa 2 (nova.id)
Saatnya Kopi Lokal Unjuk Rasa 2 (nova.id)

"Foto: Noverita "

Bonus WiFi Gratis

Tak sanggup ngopi di tempat bergengsi di Bandung? Jangan khawatir. Sejak 2006 ada kafe Ngopi Doeloe (ND). "Secangkir kopi di kafe brand luar negeri harganya bisa mencapai Rp 40 ribu. Tapi, pembelinya antre. Padahal, setahu saya, Amerika bukan penghasil kopi. Mereka beli dari negara lain. Justru Indonesia termasuk penghasil kopi terbesar," kata Operation Manager Ngopi Doeloe, Tengku Zainal A,

Sadar Indonesia penghasil kopi, rekan Zainal mendirikan ND dan kini telah memiliki 5 kafe serupa. Awalnya, tak mudah mengenalkan kafe ND kepada masyarakat Bandung. Bahkan, pengunjung yang datang hanya 20-30 orang saja.

Namun, setelah 4 tahun ND berjalan, lanjut Zainal, "Yang datang bisa 400-500 orang. Sabtu-Minggu yang datang malah harus waiting list," ujarnya bangga.

Harga kopi di ND lanjut Zainalmurah dan rasanya enak. Menu andalan ND, yaitu kopi serba frozen seharga Rp 20 ribu. Mau kopi jadoel yang masih ada ampasnya juga bisa.

"Dari pada beli secangkir kopi mahal, mending ngopi di sini. Rp 50 ribu sudah bisa minum untuk dua orang," papar Zainal yang membidik pasar mahasiswa. Karena itu, kafenya dilengkapi fasilitas koneksi internet (WiFi) gratis dan camilan seharga Rp 8ribu-an.

Debbi Safinaz, Noverita