Tragedi Sumiati: Mudah-mudahan Masih Bisa Jadi Bidan (1)

By nova.id, Senin, 22 November 2010 | 17:06 WIB
Tragedi Sumiati Mudah mudahan Masih Bisa Jadi Bidan 1 (nova.id)

Tragedi Sumiati Mudah mudahan Masih Bisa Jadi Bidan 1 (nova.id)
Tragedi Sumiati Mudah mudahan Masih Bisa Jadi Bidan 1 (nova.id)

"Tubuh Sumiati yang dulu sehat dan bongsor, kini jai kurus kering dengan tubuh penuh luka bekas siksaan "

Telepon Ditutup

Singkat cerita, berangkatlah putri kami pada 24 Juni 2010 ke Jakarta untuk tinggal di penampungan Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) PT Rajana Falam Putri, yang akan memberangkatkannya ke luar negeri. Selama di sana, hampir setiap hari ia meneleponku melalui rumah tetangga untuk mengabari kondisinya. Bahkan sebelum berangkat ke Arab Saudi (18 Juli 2010), ia masih menelepon dari bandara. "Doakan aku dapat majikan baik dan rezeki yang banyak, ya, Ina," ujarnya.

Nah, sejak itulah hubungan kami nyaris putus total. Awalnya, aku dan suamiku maklum dan mampu menahan rindu. "Ah, mungkin saja ia mulai sibuk bekerja." Namun setelah 1-2 minggu, bahkan lebih dari sebulan tak ada kabar sama sekali, aku mulai cemas. Berbagai bayangan buruk tentang kondisi anakku mulai bermunculan. Akhirnya, aku minta bantuan tetangga yang pernah jadi TKW di Arab Saudi untuk menelepon majikan Sumi yang diketahui bernama Halid Salah M. Al Khamimi. Katanya, dia janda beranak satu yang tinggal di Madinah.

Aku semakin cemas saat si penerima telepon dengan nada ketus berujar, tak punya pembantu bernama Sumiati lalu segera menutup teleponnya. Pikiranku berkecamuk tak menentu. Sementara aku yakin benar, Sumi tinggal di sana. Hati kecilku berkata demikian. Namun, bagaimana aku membuktikannya?

Hal seperti itulah yang tak ingin kualami saat Sumi jadi TKW. Siang dan malam aku terus menangis, memikirkan nasib anakku yang entah bagaimana. Tapi aku tak putus asa. Dibantu tetanggaku, aku terus berusaha menghubungi majikan anakku. Sayang, lagi-lagi aku menemui jalan buntu. Sebab kini, si majikan sama sekali tak pernah mengangkat teleponku.

Tak kehabisan akal, aku lalu menghubungi salah seorang kenalan yang juga jadi TKW di Arab Saudi untuk menghubungi majikan Sumi dari tempat kerjanya. Usaha ini berhasil. Telepon dari sang kenalan diangkat majikan Sumi. Bahkan kami bisa berkomunkasi bertiga, melalui sarana telekonferensi.

Dalam percakapan itu, si majikan kembali berkelit dan menyatakan tak punya pembantu rumah tangga bernama Sumiati, melainkan bernama Ati. Aku semakin yakin, yang dimaksud Ati itu pasti anakku. Sayang, si majikan segera menutup gagang telpon ketika diminta memperdengarkan suara pembantunya yang bernama Ati itu. Harapanku, mungkin aku bisa tahu apakah itu benar anakku atau bukan, bila mendengar suaranya. Pupus sudah harapanku.

Gandhi Wasono M / bersambung