Warna-Warni Batik Empat Provinsi (1)

By nova.id, Rabu, 1 September 2010 | 17:05 WIB
Warna Warni Batik Empat Provinsi 1 (nova.id)

Warna Warni Batik Empat Provinsi 1 (nova.id)
Warna Warni Batik Empat Provinsi 1 (nova.id)
Warna Warni Batik Empat Provinsi 1 (nova.id)

"Foto: Rini "

Diam-diam, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) juga memiliki batik cantik. Sejak tahun 2000, Bunga LB Santosa giat mengembangkan dan memodifikasi aneka motif tradisional Kalteng yang setidaknya berjumlah sekitar 500 motif. "Baru 100 motif yang saya modifikasi. Warnanya juga saya ciptakan sendiri," kata warga Palangkaraya yang segera mematenkan hasil karyanya itu.

Batik tradisonal ini di Kalteng disebut banang bintik. Motifnya berpijak pada ukiran, rumah adat, juga Batang Garing alias Kalpataru, si pohon kehidupan. Warna dasarnya pun hanya 5 berdasar filosofi budaya Kalteng yang tak boleh dilanggar. Oleh sebab itu, "Sebelum melakukan modifikasi, saya minta izin kepada para sesepuh."

Masalahnya, tutur bunga, batik tradisional Kalteng sulit bersaing dengan batik Jawa atau propinsi lain, jika tidak dimodifikasi. "Makanya motifnya saya padukan dengan motif kerajinan rotan, bunga-bunga, atau ikan yang banyak dijumpai di Kalteng. Hasilnya, kini benang bintik bisa bersaing di pasar atau pameran," jelas Bunga.

Sudah sejaak lama sebetulnya Bunga mimpi melakukan modifikasi itu. Kala itu, 10 tahun silam, ia masih menjadi tenaga pemasaran produsen batik di Kalteng. "Masukan saya tak kunjung direspons. Saya berpikir, kalau punya usaha sendiri pasti bisa menuangkan semua keinginan saya. Saya, kan, sering ikut pameran di Jakarta, melihat motif batik dari provinsi lain yang bagus-bagus."

Tahun 2000 Bunga mewujudkan impiannya. Ia memboyong lima tenaga ahli batik dari Yogya yang ia kontrak per tahun. Sayangnya, transfer ilmu tak berjalan lancar. "Tenaga kerja saya keluar-masuk. Mereka tidak telaten seperti orang Jawa. Mungkin karena masyarakat Kalteng sudah terlalu lama dimanja oleh kekayaan alam. Menyadap karet sebentar saja, sudah dapat uang. Beda dengan bekerja memproses kain batik," tutur perempuan ulet yang dulu secara rutin dibimbing mendiang Iwan Tirta ini.

Berhubung tenaga kerja, bahan baku, dan obat-obatan batik masih didatangkan dari Pulau jawa, harga benang bintik pun relatif lebih tinggi dibanding batik dari Jawa. "Tetapi buat pembeli tak masalah karena mereka mendapatkan motif klasik khas Kalteng. Terlebih para kolektor," kata Bunga yang hanya membuat sehelai kain untuk satu motif sehingga banang bintik jadi lebih ekslusif.

Henry, Rini / bersambung