Istiqlal Sediakan 3000 Tajil Setiap Hari

By nova.id, Selasa, 24 Agustus 2010 | 17:07 WIB
Istiqlal Sediakan 3000 Tajil Setiap Hari (nova.id)

Istiqlal Sediakan 3000 Tajil Setiap Hari (nova.id)

"Ribuan umat muslim siap menyantap takjil yang disediakan panitia masjid Istiqlal (Foto: Okki) "

Aktifitas keagamaan sungguh sangat terasa saat tabloidnova.com menyambangi Masjid Istiqlal, Jakarta. Sejak sore hari ratusan bahkan ribuan orang mulai berdatangan. Ada yang hanya sekedar mampir untuk menunaikan sholat lima waktu, atau ada yang sekedar menunggu waktunya berbuka puasa alias ngabuburit bersama keluarga. Maklumlah, masjid Istiqlal memang menggelar banyak kegiatan selama bulan Ramadhan berlangsung. Tak sampai disitu, masjid seluas 9,5 hektar ini juga dibuka selama 24 jam untuk ummat muslim yang akan beribadah setiap harinya. Selama bulan suci Ramadhan berlangsung, masjid yang mulai dibangun pada tanggal 24 Agustus 1951 ini menggelar banyak sekali kegiatan. Program keagamaan utama yang dilaksanakan antara lain Mauizhah Hasanah, Dzikir, Doa dan buka puasa bersama 3000 orang setiap hari.Selain itu, Tilawatil Quran oleh qori dan qori'ah tingkat nasional dan internasional rutin setiap malamnya, sholat Jum'at dan tadarus Al-Quran seusai shalat Tarawih ditambah siraman rohani menjelang tarawih. Menurut pantauan tabloidnova.com, sekitar pukul 17.30 WIB pengeras suara yang berasal dari dalam masjid sudah menyerukan ajakan bagi ummat muslim untuk bersiap menyantap hidangan berbuka. Pasalnya, sudah menjadi rutinitas bagi panitia masjid Istiqlal menyediakan menu berbuka puasa bagi masyarakat muslim ibukota yang mampir.

"Panitia memang menyediakan 3000 makanan berbuka ditambah teh manis hangat untuk masyarakat yang ingin berbuka sekalian mau bertarawih disini," ujar seorang panitia masjid dengan rompi berwana hijau menyala bernama Burhan saat dijumpai , Minggu (22/8) petang. Aktifitas buka puasa bersama di masjid Istiqlal setiap harinya dilakukan di sepanjang lorong lantai satu. "Tapi sebelum masuk kesini, diwajibkan untuk berwudu dulu," ujar Burhan seraya tersenyum. Selain itu, masjid yang terletak di pusat kota Jakarta ini juga menyelenggarakan sholat sunnah tarawih dalam dua gelombang, pertama adalah 11 rakaat dan yang kedua adalah 23 rakaat. Dilanjutkan dengan Qiyamul Lail yang akan dilaksanakan pada 10 malam terakhir pada bulan Ramadhan. Bagi Anda yang akan menyambangi masjid Istiqlal di siang hari bisa juga mengikuti kegiatan dialog Dzuhur interaktif membedah kitab Aqidah, Syari'ah, dan Akhlaq.

Selanjutnya, empat kegiatan selanjutnya yang turut pula diagendakan di masjid Istiqlal adalah acara peringatan Nuzulul Qur'an, pesantren kilat untuk remaja putra dan putri, penyaluran zakat mal, infaq, fithrah, dan shadaqah selanjutnya takbir akbar dan santunan terhadap 1000 anak yatim. Acara puncak yang akan diselenggarakan di masjid Istiqlal adalah sholat Idul Fitri bersama Presiden RI, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, wakil Presiden RI, Bapak Boediono, para pejabat negara, perwakilan negara sahabat, dan masyarakat muslim ibukota. Bagi Anda yang ingin merayakan datangnya bulan suci Ramadhan, silahkan kunjungi masjid Istiqlal, karena banyak kegiatan bermanfaat yang dilangsungkan setiap harinya. Selamat berpuasa.Okki