Ramai-ramai Mencoba Ramen (2)

By nova.id, Rabu, 19 Mei 2010 | 17:52 WIB
Ramai ramai Mencoba Ramen 2 (nova.id)

Ramai ramai Mencoba Ramen 2 (nova.id)
Ramai ramai Mencoba Ramen 2 (nova.id)
Ramai ramai Mencoba Ramen 2 (nova.id)

"Foto: Agus Dwianto "

Rahasia Kaldu

Satu rahasia keistimewaan Bintaro Ramen adalah kaldu. Ali mengatakan, kaldu memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan rasa ramen. "Kalau kaldu enak, semuanya pasti enak. Kalau kaldunya enggak enak, pasti semuanya enggak enak. Makanya kami berikan penanganan khusus dalam membuat kaldu."

Bagi Ali, kaldu bukan hanya sekadar air rebusan tulang atau daging. "Tapi kaldunya juga terdiri dari campuran beberapa macam sayuran. Di antaranya daun bawang dan wortel. Kami ingin menyajikan ramen yang berbeda dengan harga terjangkau. Meski begitu, tidak sampai menomor duakan soal rasa. Karena selain masih menggunakan beberapa jenis bumbu impor, kami membuat mi sendiri," ujar Ali yang memulai bisnis dengan modal Rp 10 juta ini.

Dengan membuat segala sesuatunya secara mandiri, lanjut Ali, ini ia jadikan lahan pengembangan diri. Mi yang digunakan dalam ramen memang berbeda dari mi biasa. "Selain berbeda dari teknik pembuatan dan ukuran, mi untuk ramen mempunyai tekstur yang lebih lembut dari mie biasa."

Ali bersyukur langkah yang diambilnya mendapat tanggapan positif dari para pelanggan. "Makanya kami ingin semakin serius menekuni usaha ini. Dalam waktu dekat kami akan membuat cabang di kawasan Bumi Serpong Damai, Tangerang. Menu yang akan kami sediakan juga akan bertambah. Tidak semua ramen, tapi ada masakan Jepang lain seperti tempura."

EDWIN YUSMAN F