Asyiknya Belajar Di Sekolah Alam (2)

By nova.id, Rabu, 10 Maret 2010 | 07:54 WIB
Asyiknya Belajar Di Sekolah Alam 2 (nova.id)

Asyiknya Belajar Di Sekolah Alam 2 (nova.id)
Asyiknya Belajar Di Sekolah Alam 2 (nova.id)
Asyiknya Belajar Di Sekolah Alam 2 (nova.id)

"Foto : Ahmad Fadilah/NOVA "

Saat NOVA diajak mengelilingi SAB, empat dari enam siswa SD kelas I tampak tengah memberi makan beberapa kambing yang dikandangkan di belakang hutan mini sekolah ini. Kegiatan itu merupakan salah satu proses belajar berternak. Tak sekadar bergumul dengan hewan ternak, anak-anak sekaligus diperkenalkan cara bertanam di nursery mini yang berada tak jauh dari kandang kambing.

Tak cuma itu, anak-anak pun diajari cara mengolah limbah kertas dan daun. "Lihat saja, mainan yang ada di kelas ini semuanya terbuat dari limbah kertas. Kami memang mengajarkan anak-anak mengolah sampah organik agar bisa dipraktekkan di rumah masing-masing," terang Erly.

SAB memanfaatkan alam sebagai media pendidikan, observasi dan riset. Misalnya, anak-anak diajak langsung mengamati proses perubahan ulat menjadi kupu-kupu dari hari ke hari. "Pernah juga anak-anak kami ajak menanam kangkung sejak dari menyemai biji hingga proses pertumbuhannya. Dari sini anak-anak bisa belajar matematika sederhana. Misalnya, menghitung jumlah biji yang ditanam dan berapa yang tumbuh. Atau menghitung panjang batang kangkung hari ini, besok dan lusa. Semua perubahan dan pertumbuhan itu dicatat anak-anak."

Kegiatan belajar yang utama adalah outbond. "Tapi, kalau pas enggak ada outbond, kami isi dengan kegiatan berkuda. Kami mendatangkan dua kuda tunggangan berikut gurunya. Selain boleh belajar menunggang, anak-anak diajarkan cara merawat kuda."

Rini Sulistyati