Peruntungan Shio di Tahun Macan (1)

By nova.id, Senin, 1 Februari 2010 | 07:56 WIB
Peruntungan Shio di Tahun Macan 1 (nova.id)

Peruntungan Shio di Tahun Macan 1 (nova.id)

"Erwin Yap (Foto: Eng Naftali) "

Sebentar lagi kita akan meninggalkan Tahun Kerbau dan memasuki Tahun Macan. Menurut Erwin Yap, Educator & Consultant Bazi, Face Reading and Fengshui yang juga penulis buku Face Reading: Teknik Membaca Wajah, tahun 2010 adalah Tahun Macan Logam. Keberuntungan tiap shio akan berbeda bagi tiap orang.

Untuk mengetahui jenis konflik yang cenderung terjadi di tahun macan logam, perlu kita ketahui bahwa setiap elemen juga melambangkan bidang-bidang kehidupan maupun pekerjaan. Contoh dalam kaitannya dengan kedua elemen yang berseteru dalam artikel ini adalah logam, dan kayu.

Logam merepresentasikan bidang hukum, politik, perbankan, perkapalan, mesin-mesin berat, dan bentuk usaha yang mengelola logam. Kayu mewakili edukasi, serta perkembangan positif secara umum. Jadi, bisa kita katakan bahwa konflik logam kayu akan membawa dampak kurang baik dalam hal peta politik dan edukasi.

Namun, karena periode logam, maka bidang-bidang usaha yang berhubungan dengan logam akan berjaya, misalnya, fabrikasi mesin-mesin dan alat-alat berat, logam berat, pembuatan kapal, serta perbankan. Selain itu, konflik kayu - logam akan menghasilkan elemen baru, yaitu api. Jadi, usaha berelemen api juga akan pesat pertumbuhannya.

Bidang usaha berelemen api adalah usaha pemasaran, kerajinan tangan, kecantikan, IT, energi (batubara, minyak, gas bumi), dan restoran. Api juga melambangkan kreativitas yang teraktualisasikan, "Maka, orang yang kreatif akan semakin jaya di tahun ini. Tidak hanya bidang kerajinan tangan saja yang memerlukan kreativitas, tapi juga semua bidang usaha. Semakin kreatif orang itu, semakin baik pula ia menjalani tahun macan logam ini"

Indonesia sendiri yang posisinya ada di belahan Selatan dan Timur bumi, menjadikannya sebagai negara yang secara intrinsik memiliki banyak unsur kayu dan api. Api adalah elemen yang dapat mengubah satu elemen menjadi elemen lain yang bentuk dan sifatnya sangat berbeda daripada elemen awal. Api yang kecil bisa dijadikan penerangan malam dan api unggun yang menghangatkan.

Hati-hati kalau apinya terlalu besar, dapat menghanguskan banyak bangunan. Api terlalu besar juga dapat melumerkan logam. Artinya, secara politik (elemen logam) di Indonesia malah kurang bagus, tapi di sisi kreativitas dan pencerahan individual akan membaik. Namun, bila api terlalu besar, dapat diartikan sebagai timbulnya kepercayaan, atau aliran agama baru yang dampaknya menjadikan seseorang fanatik. Apapun yang "terlalu" adalah tidak baik, untuk pribadi orang itu, maupun orang di sekitarnya.

Dalam suasana seperti ini, "Kondisi dalam rumah setiap individu masih bisa terkontrol, tetapi bagaimana dengan kondisi luar rumah yang tak bisa dikontrol? Kembali lagi ke mawas diri dan pribadi masing-masing tentunya. Dalam menjalani kehidupan, selalu banyak pilihan yang dapat kita lakukan. Jangan selalu menyalahkan orang lain. Semua orang tentu berharap mendapatkan yang bermanfaat positif. Maka, semuanya berawal dari diri sendiri dan keluarga. Keluarga adalah satuan masyarakat terkecil suatu negara."

Bagaimana caranya agar kita mendapatkan dampak positif di tahun macan logam? Elemen api yang terlalu besar sebaiknya dikurangi dengan menggunakan elemen tanah atau air agar kobarannya tidak terlalu besar. Ibaratnya tanah itu adalah kestabilan, dan air adalah komunikasi. Secara pribadi, Anda dapat melakukan perenungan diri, seperti "berpikir dulu sebelum bertindak", atau bermeditasi. Secara kelompok, penekanan pada komunikasi yang transparan akan mengontrol kobaran api yang terlalu besar.

Situasi ekonomi akan mengalami kemajuan dibandingkan tahun lalu, walaupun tidak signifikan. Selain bidang usaha yang dijelaskan pada awal artikel ini, tentunya masih banyak usaha lain yang membaik atau memburuk di tahun 2010. Bagi Anda yang bergerak di bidang usaha yang memiliki peruntungan baik, justru sebaiknya memanfaatkan tahun ini untuk tambah giat, semakin fokus, sehingga tujuan dan impian individu/ kelompok dapat tercapai.

Buat bidang usaha yang kurang baik peruntungannya, bukanlah saat untuk berhenti. "Ini hanyalah fenomena siklus waktu saja. Gunakan setiap waktu yang ada untuk membuat landasan yang lebih baik, agar bila waktu yang menguntungkan tiba, landasan yang kokoh ini akan membuat Anda "terbang" lebih tinggi lagi!"

Secara umum, rangkuman shio yang bagus di tahun macan logam adalah Ular, Kuda Kambing, Monyet, Ayam, dan Anjing. Shio yang kondisinya kurang bagus adalah Macan, Kelinci, dan Naga. Sementara Babi, Tikus, Kerbau bisa keluar dari kemelut tahun lalu karena adanya air penepis gejolak api yang "terkandung" pada shio tersebut. Noverita K. Waldan / Bersambung