Hati Charly Tersentuh, Lahirlah RBT Untuk Sinar

By nova.id, Senin, 11 Januari 2010 | 17:54 WIB
Hati Charly Tersentuh Lahirlah RBT Untuk Sinar (nova.id)

Hati Charly Tersentuh Lahirlah RBT Untuk Sinar (nova.id)

"Sinar tak pernah membayangkan didatangi Charly ST 12 (Foto: Dok. ST 12) "

Adalah Charly ST 12 yang awalnya melihat tayangan di YouTube tentang liputan anak kecil bernama Sinar. Bocah itu sendirian merawat sang bunda yang lumpuh. Begitu melihat tayangan tersebut, hati Charly tersentuh. Dalam waktu relatif singkat, vokalis di ST 12 ini pun langsung menciptakan sebuah lagu berjudul Sinar Pahlawanku. "Lagu itu jadi begitu saja, mengalir tanpa membutuhkan waktu lama. Pesan moral yang ingin saya sampaikan lewat lagu ini sangat besar," kisah Charly. Bahkan video klipnya pun sudah dibuat. Istri dan anaknya jadi model.

Rupanya tersentuhnya hati Charly tidak hanya sebatas itu. Ia dan temannya, Ahmed Ismail, serta sejumlah teman lain, sepakat membantu Sinar. "Tapi kami setuju tidak melibatkan lembaga mana pun, benar-benar murni dari keinginan pribadi," tutur Charly yang akhirnya mendatangi rumah Sinar di Desa Riso, Kec. Topango, Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Perjalanan ke sana cukup jauh. Setelah naik pesawat, masih disambung dengan mobil selama 9 jam. "Desanya di tengah hutan, melewati 3 sungai, jalan setapak selama 45 menit. Bagi saya, perjalanan tersebut sungguh luar biasa."

Yang makin mengagetkan, kondisi rumah Sinar sangat memprihatikan. "Rumah mereka kecil sekali. Ternyata masih ada, ya, anak hanya tinggal bersama ibunya di tengah hutan. Betapa mulianya seorang anak kecil mampu dan rela merawat ibunya yang lumpuh," papar Charly yang kemudian bersilaturahmi sambail membawa makanan sekadarnya dan sebuah boneka untuk Sinar.

Charly semakin terenyuh ketika bermalam di rumah Sinar. Suasana gelap gulita karena tidak ada listrik. "Jadi, kami ngobrol, cerita-cerita, sambil nyanyi lagu Sinar Pahlawanku. Sinar dan ibunya sangat senang dan tidak menyangka kami datang ke sana." Esoknya, Charly dan rombongan melihat sekolah Sinar yang harus melewati sungai. "Kondisi sekolahnya yang hanya 2 kelas pun memprihatinkan sekali, seperti kandang sapi. Seharusnya ada perhatian dari Pemerintah agar diperbaiki. Gurunya juga hanya satu," ujar Charly yang memberikan bantuan berupa uang buat Sinar. "Tapi enggak usah disebutkan jumlahnya, ya."

Jadi Inspirasi

Charly berharap ada orang yang peduli dengan pendidikan anak-anak di sana. "Sinar sebuah ikon yang bisa mengangkat Sinar-Sinar lain yang layak diberi bantuan. Merekalah generasi bangsa yang akan meneruskan pembangunan di negeri ini."

Bagi Charly ini adalah bentuk partisipasinya sebagai seorang yang peduli dengan orang lain. "Tapi saya enggak mau memaksa agar orang lain meniru perbuatan saya. Silakan mereka mau berbuat apa. Ini jalan dan inspirasi dari Tuhan."

Sesampainya di Jakarta, Charly bersama label yang menaungi melakukan rapat. "Kami enggak bisa berbuat lebih tapi ingin membuka jalan bagi orang lain yang mau membantu Sinar." Pihak label pun merespons bagus karena di balik lagu tersebut ada pesan moral yang baik. "Ada kemungkinan lagu ini akan dijadikan RBT, hasilnya sebagian disumbangkan ke sana. Insya Allah video klipnya juga akan ditayangkan ditambah dengan tayangan kedatangan kami ke rumah Sinar."

Saat ditanyakan kemungkinan Sinar dipanggil ke Jakarta, Charly belum bisa memastikan. "Kalau keinginan ada, tapi belum tahu kapan. Takutnya nanti disalahartikan orang. Pokoknya, yang penting bagi saya, kehidupan Sinar bisa menjadi inspirasi bermusik saya. Ada pesan moral yang bisa disampaikan," tandas Charly yang sedang menyiapkan album ST 12 ke-4 ini.

Sayang, setelah kisah Sinar mencuat dan bantuan datang dari berbagai penjuru, ada saja pihak yang menyalahgunakan. Karena tak ada yang bisa mengontrol, bantuan berupa beras, pakaian, dan bahan makanan di rumah Sinar banyak dicuri.

Nove