Agar Kulkas & Teve Tak Rusak

By nova.id, Rabu, 18 November 2009 | 01:07 WIB
Agar Kulkas Teve Tak Rusak (nova.id)

Agar Kulkas Teve Tak Rusak (nova.id)

"Listrik yang byar pet dapat merusak barang-barang elekronik, seperti alat pendingin. "

Aliran listrik yang tiba-tiba terputus dan kemudian menyala kembali setelah beberapa waktu, ternyata bisa merusak alat-alat elektronik tertentu semisal lemari es dan televisi. "Utamanya, alat-alat elektronik yang memiliki tombol khusus untuk menyalakan alat (switcher)," kata Heru (37), seorang teknisi listrik.

Kerusakan terutama diakibatkan putusnya aliran listrik secara mendadak saat mesin sedang panas karena bekerja, lalu setelah beberapa lama arus listrik kembali mengalir, padahal mesin masih panas. "Ini yang bikin 'kaget' dan alat jadi mogok, enggak mau langsung menyala. Setelah dibiarkan beberapa menit, baru alat itu mau menyala lagi," lanjutnya.

Untuk mengurangi risiko kerusakan, saran Heru, di saat listrik byar-pet seperti saat ini, lebih baik langsung mencabut stop kontak semua alat elektronik, terutama yang memiliki switcher. Saat listrik sudah mengalir lagi, ada baiknya untuk tidak langsung menyalakan alat-alat elektronik kembali, "Tunggu beberapa menit sebelum menyalakan lagi, setelah kondisi alat jadi normal."

Sita Dewi