Akhirnya Kembali Ke Pelukan Ibu Kandung (2)

By nova.id, Senin, 2 November 2009 | 17:58 WIB
Akhirnya Kembali Ke Pelukan Ibu Kandung 2 (nova.id)

Akhirnya Kembali Ke Pelukan Ibu Kandung 2 (nova.id)
Akhirnya Kembali Ke Pelukan Ibu Kandung 2 (nova.id)

"Nizi'ami didampingi Halawa dan Komnas PA menggelar konferensi pers setelah pertemuan dengan anaknya. (Foto: Adrianus Adrianto/NOVA) "

Akhirnya berangkatlah rombongan ini ke Jakarta. Tangis Nizi'ami langsung pecah saat memasuki ruang istirahat di Unit PPA Polres Jakarta Timur, Kamis siang (29/10). Ia menghambur dan memeluk erat Mos yang duduk terdiam di ujung tempat tidur. Tangis Nizi'ami semakin keras setelah ia menemukan tanda luka di leher dan melihat bentuk kepala Mos yang agak miring, sebagai ciri lahirnya.

Meskipun Mos sudah tidak lagi mengerti bahasa Nias dan sang ibu tidak berbahasa Indonesia, tak membuat komunikasi antara ibu dan anak yang sudah lama terpisah ini menjadi kaku. Mos ikut menangis tak lama setelahnya. Ternyata ia juga masih ingat nama-nama kakaknya.

Saat pertemuan mengharukan itu, tak sepatah kata pun Nizi'ami menanyakan masalah pembunuhan yang dilakukan Mos. "Saya yakin, bukan dia pelakunya! Mos anak baik, tidak jahat, penurut. Saya juga tidak pernah memukulnya," kata Nizi'ami.

Sita Dewi