Surga Makanan Di Seputar Pajajaran (3)

By nova.id, Jumat, 30 Oktober 2009 | 18:04 WIB
Surga Makanan Di Seputar Pajajaran 3 (nova.id)

Surga Makanan Di Seputar Pajajaran 3 (nova.id)

"Sensasi Nasi Jambal dari De'Leuit tak bisa dilewatkan jika Anda mengunjungi Kota Bogor. "

Goyang Lidah Bebek MudaKeluar dari De'Leuit, hari tak terasa malam. Trotoar berhias deretan tenda-tenda penjaja makanan. Seorang kawan yang berdomisili di Bogor bercerita, makanan di tenda-tenda itu tak kalah enak. Salah satunya, warung tenda Millenium yang menjual menu bebek muda yang digoreng kering. Tak heran, pelanggan terus berdatangan.

Ada juga Warung Kemuning. Warung tenda milik Ayong (51) ini adalah salah satu warung yang paling ramai dikunjungi.

"Bukan cuma supir angkot, kadang artis juga mampir kesini. Enggak nyangka kan? Diantaranya Haji Djaja Miharja, Zarima, Anissa Bahar, dan masih banyak lagi. Kalau mereka makan di sini juga enggak sombong, mau duduk bareng sama pelanggan yang lain," beber Ayong yang sudah membuka warungnya dari pukul 18.00 sampai 04.0 WIB setiap hari.

Sejak membuka warungnya tahun 2002 di lokasi ini, Ayong bisa menghabiskan nasi sampai 15 liter setiap akhir pekan dan 10 liter pada hari biasa. "Saya menyediakan 30 lebih jenis lauk pauk khas Sunda," terang ayah tujuh orang anak ini.

Uniknya lagi, ditempatnya Ayong­ menyediakan berbagai jenis lalapan yang tak biasa, seperti daun Pohpohan yang bisa menghilangkan bau mulut tangan. "Jadi ketika makan petai atau jengkol, supaya enggak bau makan daun ini," tuturnya sumringah.

Wah, lengkap sudah wisata kuliner hari ini. Malam semakin larut. Kami pun memutuskan untuk pulang. Tak lupa, kami bawakan oleh-oleh makanan untuk keluarga tersayang.

Edwin Yusman F.