Penonton Bayaran: Makin Unik, Bayaran Makin Tinggi (1)

By nova.id, Jumat, 16 Oktober 2009 | 17:38 WIB
Penonton Bayaran Makin Unik Bayaran Makin Tinggi 1 (nova.id)

Penonton Bayaran Makin Unik Bayaran Makin Tinggi 1 (nova.id)
Penonton Bayaran Makin Unik Bayaran Makin Tinggi 1 (nova.id)

"Harsono bersama 'anak buah'nya. (Foto: Yetta Angelina/NOVA) "

Bayaran yang diterima para penonton ini tergantung pihak stasiun teve. Karena, beda program, beda pula bayarannya. Yang jelas, dari masing-masing pekerjannya, Harsono memotong 20% pendapatan mereka untuk kostum, aksesori, pernak-pernik, dan untuk dirinya sendiri. "Satu program misalnya ngasih Rp 25 ribu/orang, saya bayarkan Rp 22 ribu atau Rp 20 ribu, sesuai kategori. Orang baru enggak sama dengan yang lama. Kalau dia semangat, dan serius, baru kami naikkan honornya. Itu buat 1 acara. Minimal mereka dapat 3 acara per hari. Jadi, lumayanlah," ungkap Harsono.

Harsono selalu menjaga kualitas penonton rekrutannya. Hasilnya, jasa Harsono dipercaya oleh banyak rumah produksi dan stasiun TV. "Sebelum masuk studio, ada seleksi penonton. Ratusan orang kami bawa dan beritahu, kalau kami maunya yang tampilannya bagus, suara keras, ramai, ceria dan bisa koreo (menari). Sekarang tercipta deh, penonton kami yang sudah terkenal dimana-mana," tukas Harsono.

Saat ini Harsono termasuk salah satu agency penyedia jasa penonton bayaran yang sukses. Di bulan puasa kemarin saja, Harsono dipercaya menyuplai penonton untuk 11 program teve. Hasilnya, pendapatan yang tidak sedikit pun diraup Harsono. "Bulan puasa ini saja bisa lebih dari Rp 50 juta. Ya alhamdulilah, rezeki bulan suci," kata pria yang sering disapa dengan panggilan "Ayah" oleh penonton-penonton bayarannya itu.Yetta Angelina