Ratusan Korban Dirawat, Depkes Kirim Satu Truk Obat-obatan

By nova.id, Kamis, 1 Oktober 2009 | 05:19 WIB
Ratusan Korban Dirawat Depkes Kirim Satu Truk Obat obatan (nova.id)

Ratusan Korban Dirawat Depkes Kirim Satu Truk Obat obatan (nova.id)

"Seorang ibu memungut barang dari rumahnya yang hancur akibat gempa di Padang (Foto: Maril Gafur/Antara) "

Kepala Pusat Penanggulangan Krisis Departemen Kesehatan RI, dr. Rustam S Pakaya MPH, menjelaskan, pemerintah telah mengirim beberapa menteri ke lokasi gempa sekaligus menyerahkan bantuan. Para menteri tersebut adalah Menko Kesra Aburizal Bakrie, Menkes Siti Fadilah Supari, Menteri PU, Djoko Kirmanto, Mensos Bachtiat Chamsah, dan Menhub Jusman Syafii Jamal.

Dari informasi yang diperoleh tabloidnova.com di departemen ksehatan, pihak Depkes sendiri mengirimkan bantuan berupa biaya operasional sebesar 200 juta rupiah, tim kesehatan sebanyak 91 orang, satu truk obat-obatan, dan 5 ton MP-ASI. Bantuan tim kesehatan juga datang dari TNI, LSM bulan sabit merah Indonesia, Medical Emergency Rescue Committee, serta tim kesehatan dari PPK regional DKI Jakarta sub regional Sumbar, dan PPK regional Sumsel.

Hingga kini ratusan korban gempa dinyatakan meninggal dunia dan ratusan lainnya dirawat di berbagai tempat. Diperkirakan masih banyak korban yang tertimbun reruntuhan gedung. Evakuasi terus berlangsung dengan mengerahkan alat berat.Astri