Cara Praktis Bayar Zakat: Diambil Di Rumah, Lewat ATM, Juga SMS (2)

By nova.id, Minggu, 20 September 2009 | 17:20 WIB
Cara Praktis Bayar Zakat Diambil Di Rumah Lewat ATM Juga SMS 2 (nova.id)

Cara Praktis Bayar Zakat Diambil Di Rumah Lewat ATM Juga SMS 2 (nova.id)
Cara Praktis Bayar Zakat Diambil Di Rumah Lewat ATM Juga SMS 2 (nova.id)

"Untuk memudahkan masyarakat menunaikan zakat, Al-Azhar Peduli Umat menyiagakan relawan penerima zakat di Komplek Masjid Agung. "

Hingga saat ini, DD telah memiliki 5 LKC yang tersebar di berbagai daerah dan memberi pelayanan kesehatan berbasis kepersertaan (member) serta bersinergi dengan Puskesmas setempat. "Syarat jadi member hanya menunjukkan surat keterangan tidak mampu dari RT/RW di mana dia tinggal. Sampai sekarang, kami sudah punya 11 ribu KK atau 57 ribu jiwa. Masyarakat yang tidak punya KTP dan ingin berobat, tetap kami layani." Selain untuk layanan kesehatan, DD juga membiayai ribuan siswa di seluruh Indonesia.

Sementara PKPU menyalurkan dana zakatnya ke beberapa pedagang kue subuh di Kampung Melayu, Jakarta Timur yang dulunya kelompok kaum dhuafa binaan PKPU. "Mereka diberi pelatihan pengelolaan manajemen dan keterampilan membuat kue dan sekarang sudah mandiri lewat penjualan kue-kue subuh. Kami menghibahkan dana zakat pada kelompok mereka sebagai modal awal berjualan," terang Agung Notowiguno.

Keberhasilan Kelompok kaum dhuafa dari Kampung Melayu itu, bukanlah satu-satunya kesuksesan mengelola hibah zakat. Masih ada 6.591 kelompok di 136 titik di seluruh Tanah Air yang menjadi binaan PKPU.Rini Sulistyati