Cara Praktis Bayar Zakat: Diambil Di Rumah, Lewat ATM, Juga SMS (1)

By nova.id, Sabtu, 19 September 2009 | 17:59 WIB
Cara Praktis Bayar Zakat Diambil Di Rumah Lewat ATM Juga SMS 1 (nova.id)

Cara Praktis Bayar Zakat Diambil Di Rumah Lewat ATM Juga SMS 1 (nova.id)
Cara Praktis Bayar Zakat Diambil Di Rumah Lewat ATM Juga SMS 1 (nova.id)

"Klinik untuk masyarakat tidak mampu milik Dompet Duafa. Ada relawan dokter yang siaga setiap hari. "

Kalau tak ingin menggunakan teknologi canggih, cara konvensional pun ada. PKPU (Pos Keadilan Peduli Umat - sebuah lembaga Kemanusiaan Nasional. Red.) dan Al Azhar Peduli Umat menyiagakan tim khusus menjemput zakat ke rumah atau perkantoran. Mau jam berapa saja, bisa. Tinggal angkat telepon, tim akan datang. Para penjemput zakat dilengkapi tanda pengenal. "Mau bertanya atau konsultasi soal zakat, juga bisa. Soalnya, selain menjemput zakat, tugas kami memang mensosialisasikan zakat," terang Direktur Utama PKPU, Agung Notowiguno.

Meskipun penggalangan zakat dilakukan secara online atau mobile banking, APU, DD dan PKPU, menjanjikan pengelolaan dan penyaluran dana yang transparan dan diumumkan ke publik. Tiap tahun, zakat yang terkumpul diaudit akuntan publik. "Hasilnya kami siarkan ke publik lewat free magazine yang dikirim ke alamat para pembayar zakat dan di website kami," kata Direktur Eksekutif APU, Muhammad Anwar Sani.

Selain itu, lembaga-lembaga ini juga mengeluarkan "bukti pembayaran" ZISWAF (zakat, infak/sedekah, wakaf). ' Surat ini dapat diajukan ke Dirjen Pajak sebagai pengurang Penghasilan Kena Pajak," terang General Manager Recources Mobilization DD Prima Hadi Putra.Rini Sulistyati