Usaha Endang Rachmy Melejit Dengan Kredit

By nova.id, Selasa, 30 Maret 2010 | 17:09 WIB
Usaha Endang Rachmy Melejit Dengan Kredit (nova.id)

Usaha Endang Rachmy Melejit Dengan Kredit (nova.id)
Usaha Endang Rachmy Melejit Dengan Kredit (nova.id)

"Rachmy tak tergiur untuk meminjam kredit dlam jumlah besar untuk ekspansi besar-besaran. " Produk tas sulam saya itu karya seni, tak bisa diproduksi banyak dalam waktu singkat," ujarnya. (Foto: Sita Dewi/Nova) "

Di tahun kedua, Rachmy kembali mengajukan kredit dengan jumlah sama. Sayang, hal tak terduga terjadi. Dua pegawainya mengalami kecelakaan lalu lintas. Untuk membayar biaya rumah sakit dan operasi, Rachmy terpaksa menggunakan uang pinjaman. Setelah kredit di Jasa Raharja lunas, Rachmy mengajukan kredit ke Bank Mandiri hingga saat ini. Tambahan modal sejumlah Rp 50 juta dari Bank Mandiri, lanjutnya, ia perlukan karena Rumah Sulam Rachmy makin kebanjiran order.

Dalam mengelola uang pinjaman, wanita yang sudah meluncurkan dua buku tentang sulam ini punya kiat tersendiri. Setiap ada uang masuk, Rachmy langsung menyisihkannya untuk membayar gaji pegawai yang dihitung dari tiap tas yang dibuat.

Di awal bulan, butik-butik yang membeli tas sulamnya menyetor uang dan langsung ia gunakan untuk membayar cicilan kredit. "Enaknya, uang itu langsung dipotong secara otomatis oleh Bank Mandiri dari rekening saya," kata Rachmy yang mengaku amat terbantu dengan fasilitas kredit usaha. Tak hanya pinjaman dana, Rachmy pun bisa berkonsultasi seputar usahanya.

SITA