"Anak Saya Korban, Dipojokkan Seperti Maling!" (2)

By nova.id, Senin, 8 Februari 2010 | 22:57 WIB
Anak Saya Korban Dipojokkan Seperti Maling! 2 (nova.id)

Anak Saya Korban Dipojokkan Seperti Maling! 2 (nova.id)
Anak Saya Korban Dipojokkan Seperti Maling! 2 (nova.id)

"Eny, ibunda Vid (Foto: Gandhi) "

Begitulah, akhirnya Vid bebas. Toh, ibunda Vid, Eny Sulistyowati, mengaku tak puas dengan putusan hakim. "Meski Pak Hakim memutus mengembalikan Vid dalam asuhan orangtua, tapi tetap saja ini bukan merupakan suatu akhir yang indah," kata Eny yang baru saja melahirkan anak ketiga.

Ia menegaskan, tak sepatutnya anaknya yang karena persoalan seperti itu harus merasakan duduk di kursi terdakwa . "Persoalannya terlalu sepele. Kok, hanya menyengatkan lebah saja, anak saya harus jadi terdakwa? Dengan putusan ini, anak saya sudah cacat di mata hukum dan masyakarat. Jujur, saya sedih, malu, anak saya dikenal masyakat karena persoalan seperti ini," tuturnya.

Apalagi, tambah Eny, sebelum kasus sampai ke persidangan, dia sudah berupaya keras melakukan jalan damai seperti yang dianjurkan oleh hakim. "Tapi permintaan maaf saya selalu ditolak orangtua An. Padahal, lebih dari sekali saya minta maaf. Ibaratnya, saya sudah nyembah-nyembah, tapi permintaan maaf tetap tak diterima. Bahkan Pak Pardi bilang, 'Ini buat pelajaran, kita selesaikan saja sampai di pengadilan,'" kata Eny menirukan ucapan Supardi kala itu.

Karena itulah, meski sekarang persoalan sudah beres, tapi rasa jengkel itu masih tetap ada. Belum lagi pengaruh psikologis pada Vid. Pada sidang pertama dan kedua, kata Eny, anaknya masih biasa-biasa saja. "Menjelang sidang putusan kemarin, dia sempat stres sampai enggak sekolah beberapa hari. Malah, kata psikolog yang sempat melakukan interview ringan di gedung pengadilan menjelang persidangan, sebenarnya secara kejiwaan Vid masih mengalami depresi. Makanya, dalam pekan ini akan saya konsultasikan ke psikolog," papar Eny.

Lalu, apa komentar ayah An? Supardi Estiko memilih tak banyak bicara. Katanya, demi menjaga ketenangan jiwa anaknya yang kini sudah dipindah ke sekolah lain. "Saya menghormati apa pun keputusan pengadilan." Ia juga menambahkan, merasa agak kecewa karena dalam perjalanan waktu, 'Pemberitaan di media massa justru semakin menyudutkan anak saya. Padahal, dia yang jadi korban. Bayangkan, anak saya yang jadi korban, tapi terus dipojokkan seperti maling saja," kata perwira ini.

Selama ini, lanjut Supardi, pihak LSM pemerhati anak hanya mengurusi Vid. 'Sementara anak saya yang jadi korban kenakalan teman sebayanya, sama sekali tidak pernah dijenguk. Itu, kan, namanya tidak fair," ujarnya sambil menutup sambungan telepon.

Gandhi Wasono M / tamat