Kofifah Mengenang Gus Dur: "Berseberangan Tapi Tetap Silaturahmi"

By nova.id, Kamis, 7 Januari 2010 | 02:32 WIB
Kofifah Mengenang Gus Dur Berseberangan Tapi Tetap Silaturahmi (nova.id)

Kofifah Mengenang Gus Dur Berseberangan Tapi Tetap Silaturahmi (nova.id)

"Kofifah pernah berseberangan dengn Gus Dur (Foto: Dok.NOVA) "

Sejak kelas 2 SMA Kofifah mengenal Gus Dur. Mereka dipertemukan lewat seminar. "Hobi saya, kan, ikut seminar. Meski kadang materi tak semua saya pahami. Tapi saya kagum pada sosok Gus Dur." Makin lama mengenal, Kofifah makin takjub pada gagasan-gagasan Gus Dur. Pertemuan Kofifah dengan Gus Dur makin intens setelah ia masuk pengurus NU. "Kami satu kantor."

Saat PKB dibentuk, rupanya Gus Dur sudah melihat kemampuan wanita ini. Kofifah pun didudukkan di jajaran ketua. "Dan di luar dugaan, Gus Dur meminta kepada fraksi DPR untuk mencalonkan saya sebagai wakil ketua DPR. Kofifah juga sempat menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan kepala BKKBN. "Padahal saya sudah bilang jangan jadikan saya menteri.

Saat menjadi menteri, setiap pagi Kofifah menemani Gus Dur berjalan keliling istana. Saat keliling beliau melantunkan syair Abunawas. "Aku ini tidak pantas menjadi penghuni surgamu, tapi aku juga tidak kuat jika kau masukkan ke dalam nerakamu. Umurku berkurang setiap hari tapi dosaku bertambah tiap hari, bagaimana aku menanggungnya."

Gus Dur juga banyak bertanya tentang keluarga. Beliau juga sempat tanya waktu saya hamil anak ke-4. "Kepala BKKBN kok melahirkan anak ke-4? Lalu saya bilang, hamilnya kan setelah diangkat menjadi kepala BKKBN," jelas Kofifah yang mengaku pernah berseberangan dengan Gus Dur. "Tapi itu dalam partai." Meski demikian, ia tetap menjalin silaturahmi. "Saya tetap sowan. Terakhir ketemu setelah perkawinan Mbak Yenny, saat beliau cuci darah di RS."

Saat itu Gus Dur bilang kalau meninggal tolong di nisan di tulis "the humanist died here". "Saya kaget mendengarnya. Mau ngomong ke keluarganya tidak sampai hati. Tapi harus saya sampaikan nanti," jelas Kofifah yang menilai Gus Dur juga pribadi sederhana.

Nove