Pengobatan Canggih Didalam Tenda Diserbu Korban Gempa

By nova.id, Rabu, 7 Oktober 2009 | 22:30 WIB
Pengobatan Canggih Didalam Tenda Diserbu Korban Gempa (nova.id)

Pengobatan Canggih Didalam Tenda Diserbu Korban Gempa (nova.id)

"Korban gempa menunggu giliran untuk berobat gratis di tenda yang disediakan relawan Jepang (Foto: Deddy) "

Korban gempa yang kehilangan rumah di sejumlah wilayah di Pariaman Sumatera Barat kini memilih mengungsi di tenda yang disediakan perangkat desa setempat. Meski bantuan telah mulai berdatangan, mereka masih makan seadanya. Sebagian diantaranya masih kerap menyambangi lokasi longsor akibat gempa untuk mencarisaudara mereka yang hilang.

Sementara itu di aksi sosial terus dilakukan para relwan. Di Padang, ibu-ibu menyiapkan dapur umum untuk membantu melayani korban gempa agar tak kelaparan. Mereka rela bangun pagi untuk menyediakan makanan dan pulang tengah malam. Sementara relawan dari mancanegara melakukan berbagai tugas kemanusiaan dengan berbagai cara.

Relawan asal Jepang menyediakan klinik canggih dan gratis di lapangan kantor Walikota Pariaman didalam tenda bagi para korban gempa yang membutuhkan pertolongan medis. Tenda klinik ini sangat sejuk meski tanpa pendingin udara dan dilengkapi dengan peralatan cangih seperti x-ray, ruang operasi, dan sebagainya Mereka bisa melakukan berbagai pengobatan sampai operasi kecil.Uda