Bayar SPP Pakai Sayur & Ayam (2)

By nova.id, Selasa, 22 September 2009 | 17:11 WIB
Bayar SPP Pakai Sayur Ayam 2 (nova.id)

Bayar SPP Pakai Sayur Ayam 2 (nova.id)
Bayar SPP Pakai Sayur Ayam 2 (nova.id)

"Salat dan mengaji bersama, salah satu kegiatan rohani yang wajib dilakukan. "

"Dulu, istri saya setiap minggu, keliling dari pintu-pintu rumah untuk mengambil segelas beras. Kalau sudah terkumpul, dijual, dan uangnya untuk membiayai sekolah ini," papar Mustari (55), ketua komite sekolah sekaligus tokoh yang menggerakkan berbagai kegiatan sosial di desa.

Bapak empat anak tamatan SD ini mengisahkan, sejak sekolah yang dirintis mendiang ayahnya itu berdiri tahun 1972, tak pernah memungut biaya. "Mudah-mudahan kerja sosial ini nantinya diteruskan anak saya," kata Mustari yang pekerjaannya membuat batu bata.

Karena tak punya biaya, para guru pun mendapat bayaran minim. Honor mereka hanya Rp 50 ribu per bulan. Rinciannya, Rp 40 dari hasil penjualan berasa jimpitan dan Rp 10 ribu dari donatur. "Bantuan pemerintah ada, tapi menunggu turunnya anggaran agak lama. "Toh, para guru tak keberatan dibayar minim. "Tak masalah. Kami semua iklhas mengajar demi anak didik kami," kata Siswati (37) yang sudah 17 tahun mengajar di madrasah tersebut.

Toh, keadaan yang memprihatinkan itu, tak membuat Mustari kecil hati. Ia malah bangga karena mantan anak didiknya sudah banyak yang jadi "orang". Selain pegawai negeri, ada yang menjadi pengusaha sukses, bahkan jadi jaksa. "Itu salah satu kebahagiaan saya. Rasanya perjuangan kami semua di sekolah ini, tidak sia-sia," katanya tulus.Gandhi Wasono M