Jadi Caleg, Ditunggu Laporan Dana Kampanye Anang, Primus, Gusti Randa

By nova.id, Rabu, 5 Februari 2014 | 03:14 WIB
Jadi Caleg Ditunggu Laporan Dana Kampanye Anang Primus Gusti Randa (nova.id)

Jadi Caleg Ditunggu Laporan Dana Kampanye Anang Primus Gusti Randa (nova.id)

"Anang (Foto: Okki) "

Sedikitnya ada tiga orang artis yang mencalonkan diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat tidak melaporkan dana kampanye pada laporan sumbangan dana kampanye yang diserahkan ke KPU. Mereka adalah Anang Hermansyah, Primus Yustisio dan Gusti Randa.

"Caleg artis yang tidak diketahui laporan dana kampanyenya antara lain Anang, Primus dan Gusti Randa. Dalam laporan partai mereka masing-masing, tiga artis ini, laporan dana kampanyenya kosong," ujar Manager Program Jaringan Pendidikan Pemillih untuk Rakyat (JPPR) Ahmad Sunanto pada diskusi dan paparan hasil kajian laporan dana kampanye di Kantor JPPR, Jakarta Selatan, Rabu (5/2/2014).

Anang merupakan caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN) dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur IV. Primus mencalonkan diri dari PAN dari Dapil Jawa Barat V. Sedangkan Gusti mencalonkan diri dari Partai Hanura dari Dapil Kalimantan Selatan II.

JPPR melakukan kajian atas laporan awal sumbangan dana kampanye partai politik (parpol) peserta pemilu yang disampaikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga 27 Desember 2013 lalu.

Menurut Sunanto, sedikitnya ada 43 orang selebritis yang mencalonkan diri sebagai anggota DPR pada Pemilu 2014. Dari seluruh caleg artis yang ditelusurinya, artis yang menggunakan dana kampanye atau menyumbang pada partainya adalah caleg dari Partai Demokrat, Yenny Rahman. Dia menyumbang hingga Rp 446 juta.

Selain itu, Desi Ratnasari, caleg PAN yang merogoh kantong sebanyak Rp 411 juta untuk kampanye. Lalu Edo Kondologit, caleg dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang menyumbang Rp 380 juta.

Kemudian, Nurul Arifin, caleg Partai Golkar yang masih dikategorikan sebagai artis. Anggota Komisi II DPR itu menyumbang Rp 365 juta. Ada pula caleg Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Angel Lelga yang menyumbang Rp 284 juta.

Tribun