Selamat Jalan, Nelson Mandela...

By nova.id, Jumat, 6 Desember 2013 | 01:30 WIB
Selamat Jalan Nelson Mandela (nova.id)

Selamat Jalan Nelson Mandela (nova.id)

""

Dunia kembali kehilangan salah satu putra terbaiknya. Nelson Mandela, presiden berkulit hitam pertama Afrika Selatan diberitakan telah wafat di usia 95 tahun. Meninggalnya Mandela diduga kuat karena kondisi kesehatannya yang semakin memburuk. Tiga bulan terakhir ini, Mandela memang dirawat intensif di rumah sakit karena infeksi paru-paru yang dideritanya.Berita resmi mengenai wafatnya sang pejuang apartheid ini disampaikan langsung oleh Presiden Afrika Selatan saaat ini, Jacob Zuma lewat siaran televisi nasional. "Dia sekarang sudah beristirahat. Dia sudah tenang. Bangsa kami baru saja kehilangan putra terbaiknya. Dan rakyat kami kehilangan ayahnya," ungkap Jacob.

Sebenarnya, Mandela sudah rutin bolak-balik dirawat di rumah sakit sejak Februari 2012 silam. Mandela diketahui memiliki banyak komplikasi penyakit. Selain infeksi paru-paru, pria kelahiran 18 Juli 1918 ini pernah mengidap gangguan di perutnya. Kematian Mandela ini hanya berselang beberapa bulan dari perayaan ulang tahunnya ke-95. Di hari itu, yayasan milik Mandela menggelar sehari penuh perayaan melibatkan kegiatan amal dan bisnis yang merayakan ulang tahun sang "pahlawan" di seluruh penjuru Afrika Selatan.

Nelson Mandela meninggalkan istrinya, Graca Machel, mantan istri, Winnie Madikizela-Mandela dan tiga putri: Pumla Makaziwe, Zenani dan Zindziswa Mandela. Memperingati kematian Mandela ini, Jaacob Zuma mengeluarkan perintah untuk menaikkan bendera setengah tiang sejak hari ini hingga saat pemakaman Mandela nanti.

"Apa yang membuat Nelson Mandela hebat adalah hal yang sama yang membuatnya seperti manusia. Kita bisa melihat apa yang kita cari semua ada di dirinya," tambah Jacob.

Selamat jalan, Nelson Mandela...

Yetta/Tabloidnova.com