23 Oktober, Pangeran George Dibaptis

By nova.id, Senin, 30 September 2013 | 05:20 WIB
23 Oktober Pangeran George Dibaptis (nova.id)

23 Oktober Pangeran George Dibaptis (nova.id)

""

Empat pekan lagi, pihak Kerajaan Inggris akan bersiap menggelar satu lagi perhelatan besar. Setelah kelahiran Pangeran George Alexander Louis pada Juli silam, putra pertama Pangeran William dan Kate Middleton tersebut akan menjalani ritual pembaptisan. Ritual ini merupakan salah satu seremonia wajib yang harus dilalui semua anggota Kerajaan Inggris yang memang memegang kuat tradisi agama Katolik yang mereka anut.

Akhir pekan lalu, pihak Istana Kensington secara resmi mengumumkan bahwa George akan dibaptis di The Chapel Royal, Istana St. James. Pada 23 Oktober mendatang. Kelak, upacara pembaptisan George akan dipimpin oleh Uskup Agung Canterbury, Justin Welby. Lokasi pembaptisan Geroge ini memang berbeda dengan kakeknya, Pangeran Charles, ayahnya serta pamannya, Pangeran Harry. Charles dan William dulu dibaptis di Music Room di Istana Buckingham. Sementara Pangeran Harry dibaptis di Istana Windsor.

Ini bukan kali pertama pembaptisan anggota kerajaan diselenggarakan di The Chapel Royal. Sebelum George, ada Putri Beatrice, Lord Frederick Windsor dan adik perempuannya, Lady Gabriella Windsor yang sebelumnya juga dibaptis di tempat yang sama. Menurut sumber di istana, lokasi pembaptisan memang sepenuhnya diserahkan pada keputusan kedua orang tua. Entah kebetulan atau memang disengaja, jenazah mendiang Putri Diana juga pernah disemayamkan di tempat yang sama sehari sebelum pemakamannya.

Seperti halnya upacara pembaptisan, tentu saja Kate dan William harus sudah menunjuk siapa saja yang akan menjadi orang tua baptis bagi George kelak. Namun tampaknya perkara siapa yang ditunjuk belum diumumkan secara resmi. Tapi beberapa nama sahabat terdekat William dan Kate dikabarkan sudah dihubungi untuk meminta kesediaan mereka menjadi orang tua baptis bagi George. Di antaranya adalah Guy Pelly, sahabat William. Ada pula nama Thomas van Straubenzee, Alicia Fox-Pitt dan tentu saja, Pippa Middleton dan pangeran Harry, paman dan bibi kandung George.

Di upacara pembaptisan nanti, Pangeran George akan mengenakan replika gaun sutra yang awalnya diciptakan oleh Ratu Victoria di tahun 1841. Gaun yang asli pernah dikenakan di upacara yang serupa oleh Ratu Elizabeth II, Pangeran William dan beberapa anggota kerajaan lainnya. Terakhir, gaun tersebut dikenakan di pembaptisan Lady Louise Windsor di tahun 2004.

Yetta/Tabloidnova.com