Will Meyrick Cinta Kuliner Lokal

By nova.id, Kamis, 29 Agustus 2013 | 03:23 WIB
Will Meyrick Cinta Kuliner Lokal (nova.id)

Will Meyrick Cinta Kuliner Lokal (nova.id)

"Foto: Ahmad Tarmizi / NOVA "

Pria berdarah Skotlandia ini dikenal amat mencintai masakan Indonesia. Untuk memenuhi rasa ingin tahunya, Will Meyrick (36) tak segan menyelusuri kuliner kaki lima di sejumlah daerah di Indonesia untuk mempelajarinya. Tak hanya belajar dari para pemilik warung, Will juga meresapi tradisi dan filosofi tiap makanannya.

Nah, lewat program Street Food Chef (SFC) di Trans TV, Will memperlihatkan gayanya memasak ala dapur rumahan yang dianggap fun dan informatif. SFC dikemas dalam bentuk tayangan traveling dan cooking show yang mengisahkan perjalanan Chef Will menguak rahasia kenikmatan kuliner jajanan khas Indonesia. Lewat program ini Chef Will punya misi ingin mengangkat harkat jajanan kaki lima Tanah Air.

"Saya ingin makanan Indonesia jadi lebih naik," kata Chef Will yang selalu bergairah memasak ulang makanan khas temuannya menjadi lebih high class. Chef Will menyayangkan, kuliner Indonesia dihargai lebih murah dibandingkan makanan luar negeri. Ia pun telah mengambil jalan untuk mempromosikan kuliner Indonesia. "Bila chef lokal memasak masakan western, mengapa tidak sekarang bule yang masak masakan Indonesia," ucap Chef Will. Menurut Chistianus, produser SFC, kecintaan Chef Will ini sebetulnya telah memberi tamparan keras buat para chef lokal yang cenderung kebarat-baratan.

Chef Will jatuh cinta pada kuliner Indonesia sejak menikah dengan wanita asal Bandung. Ayah tiga anak ini pun telah mengembangkan kuliner Indonesia di dua restorannya di Bali, Sarong dan Mama San. Restorannya bahkan telah dianugerahi banyak penghargaan dan selalu dijejali penikmat kuliner mancanegara. Chef Will juga telah membuat buku resep masakan, Sarong Inspiration.

 Tarmizi