X Factor Around The World Adu Kemampuan yang Fun

By nova.id, Kamis, 29 Agustus 2013 | 03:02 WIB
X Factor Around The World Adu Kemampuan yang Fun (nova.id)

X Factor Around The World Adu Kemampuan yang Fun (nova.id)

"Foto: Daniel Supriyono/NOVA "

Apa jadinya jika jawara menyanyi dunia berkumpul di atas satu panggung? Adu teknik menyanyi dan kemerduan suara tentu mampu membius telinga, apalagi didukung dengan tata panggung dan tata cahaya kelas dunia. Ya, hal itulah yang terjadi di X Factor Around The World yang dihelat untuk merayakan ulang tahun ke-24 RCTI di Hall D, JIExpo, Kemayoran, Jakara Utara, Sabtu (24/8).

Pertunjukan yang 80 persen pengisi acaranya adalah penyanyi luar negeri jebolan ajang pencarian bakat X Factor ini memang pertama yang terjadi di Indonesia dan dunia. Untung Pranoto, Operational Manager Production RCTI menyebutkan, X Factor Around The World ini sangat sulit terulang dan menjadi pertunjukan yang sangat langka. "Kami tak tahu kapan bisa menikmati pertunjukan seperti ini. Ada penyanyi kualitas kelas dunia dan juri senior bergabung di acara ini. Kami buat berbeda, kelihatan dari talent dan konsepnya juga. Kami ingin menunjukkan, Indonesia sudah bisa go international dari segi kualitas," kata Untung.

Sesuai judulnya, pengisi acara ini memang penyanyi yang berhasil menjuarai X Factor di negara masing-masing, seperti Samantha Jade (pemenang X Factor Australia Season 4), Melanie Amaro (pemenang X Factor USA  Season 1), Jahmene Douglas (Runner Up X Factor UK Season 9), dan The Collective (juara ketiga X Factor Australia Season 4), dan pastinya pemenang dan Runner Up X Factor Indonesia, Fatin Shidqia Lubis dan Novita Dewi.

Para jawara menyanyi ini diadu kemampuan vokal dan  perfomance-nya di hadapan para juri kelas dunia. Mereka dinilai dan dikomentari oleh juri-juri yang juga berasal dari ajang X Factor dunia, seperti Paula Abdul (juri X Factor Amerika Serikat Season 1), Daniel Bedingfield (juri X Factor New Zealand Season 1), dan Louis Walsh (juri X Factor Inggris Season 1-9), serta juri tuan rumah Ahmad Dhani dan Anggun.

Bagi Fatin, pengalaman bernyanyi dan berduet dengan para pemenang X Factor dunia sangat membanggakan. Remaja putri berusia 17 tahun ini pun berlatih keras agar penampilannya tak mengecewaka. "Aku sudah menyiapkan semuanya karena aku tahu akan duet sama siapa, bukan penyanyi sembarangan. Jadi aku harus berikan penampilan terbaik," kata Fatin yang tak bisa menyembunyikan rasa groginya.

Yang sangat menarik perhatian adalah hadirnya penyanyi Paula Abdul, ikon X Factor Amerika Serikat. Selain hadir untuk memberikan saran bagi para jawara X Factor, penyanyikelahiran San Fernando, California, AS, 51 tahun silam ini juga bernyanyi  di hadapan penonton. Satu saran Paula untuk jebolan X Factor di seluruh dunia adalah untuk tetap menjadi diri sendiri.

"Kita di sini bukan untuk bertanding, kita merayakan kesuksesan, just having fun, dan tetap jadi diri kalian," ucap Paula yang sempat mencoba mengucapkan salam dalam Bahasa Indonesia.

Diam-diam, Paula yang tiba di Indonesia sejak Selasa (20/8) ini ternyata sudah melakukan wisata kuliner.Penyanyi berdarah Suriah-Amerika Serikat ini mengaku langsung jatuh cinta dengan makanan pedas asli Indonesia. "Saya suka gado-gado, rendang, dan sate," ucap Paula terbata-bata lalu tertawa.

 Sri Isnaeni