Penyebab Utama kecelakaan di Tol Cipali

By Sukrisna [cak KRIS], Senin, 6 Juli 2015 | 03:45 WIB
Kantun dan Belum paham medan menjadi penyebab kecelakaan di Tol Cipali. (Sukrisna [cak KRIS])

Tabloidnova.com - Kondisi pengemudi yang lelah ketika masuk Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) menjadi penyebab utama kecelakaan di tol Cipali, tol sepanjang 116,75 kilometer tersebut.

Sebelum masuk Jalan Tol Cipali, pengemudi sudah menempuh perjalanan panjang dan macet. Kondisi itu membuat fisik pengemudi menjadi lelah. Saat kendaraan memasuki jalan tol, kelelahan yang dirasakan pengemudi menimbulkan rasa kantuk.

Pengamat Transportasi dari Universitas Trisakti, Yayat Supriatna mengatakan, rata-rata kecelakaan di Jalan Tol Cipali karena human error. Jalan yang monoton dan lancar justru menurunkan tingkat kesadaran ataupun kewaspadaan, terutama pada pengemudi yang fisiknya sudah sangat lelah.

Baca: Persiapan Melintas Tol Cipali

Faktor lain penyebab kecelakaan di Jalan Tol Cipali adalah pengemudi belum mengenali kondisi jalan tol tersebut. Hal ini menyebabkan pengemudi tidak dapat mengendalikan kecepatan kendaraan. Oleh karena itu, rambu-rambu lalu lintas perlu ditempatkan di lokasi-lokasi yang berpotensi menimbulkan kecelakaan.

"Pengemudi akan tahu kondisi jalanan di depan karena ada rambu-rambu. Jadi rambu-rambu sangat penting sebagai informasi ke pengemudi. Selain itu, lampu penerangan juga harus diperbanyak," kata Yayat.

Jika hal tersebut sudah dapat diatasi oleh pengemudi dan otoritas terkait, maka tingkat kecelakaan di Tol Cipali mestinya dapat ditekan. Namun, kalau angka kecelakaannya masih tinggi, berarti ada persoalan di dalam manajemen pengelola tol.

Siap musik lewat tol Cipali? Hindari kantok saat mengemudi karena menjadi penyebab utama kecelakaan di Tol Cipali.