Cerita Natasha Rizki Menyambut Lebaran

By nova.id, Kamis, 16 Juli 2015 | 02:45 WIB
Natasha Rizki (nova.id)

Lama tak muncul di layar kaca, Natasha Rizki (21) hadir dengan penampilan baru yang lebih Islami. Setelah sempat menunda, ibu satu anak yang akrab disapa Chacha ini pun memantapkan hatinya untuk berhijab.

erubahan penampilannya diakui Chacha tak terjadi begitu saja. Ia melalui banyak pertimbangan matang. Pasalnya, Chacha mengaku punya kebiasaan labil setiap kali dihadapkan dengan sebuah pilihan. Sejak kapan Chacha mulai terpikir untuk berhijab? “Keinginan itu muncul saat aku ditawari main di film Hijab. Pas casting, tiba-tiba saja aku membatin dalam hati, ya Allah kalau aku dapat film ini, aku janji akan berhijab. Ini nazar aku. Eh, ternyata aku langsung dikabarin lolos casting. Antara senang dan takjub juga,” urainya ketika ditemui NOVA di kediamannya di bilangan Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

Janji yang ia ucapkan Oktober 2014 silam tersebut, masih diikuti serangkaian kegiatan Chacha untuk mempromosikan film yang ia bintagi tadi. Tanpa maksud mengingkarinya, ia pun memilih menunda sementara untuk berhijab seraya berdiskusi dengan suaminya, Desta.

“Awalnya Desta enggak siap. Dalam artian, dia takut keinginan aku itu hanya sesaat. Dia banyak melihat orang-orang yang memakai hijab, kemudian dilepas. Dan dia tahu aku punya sifat jelek yang suka menggebu-gebu di awal, tapi nantinya berubah. Makanya dia minta aku yakinkan hati dan minta petunjuk Allah.”

Ia mengakui proses itu memang tak instan. Sejak menikah, misalnya, Chacha sudah jarang mengenakan pakaian terbuka kecuali untuk keperluan pekerjaan. Ia juga melihat banyak anak muda seusianya yang masih jarang berhijab. Apalagi untuk mereka yang belum menikah, “Makanya aku salut banget buat yang bisa pakai hijab sebelum menikah. Jadi enggak harus ‘disentil’ dulu.”

Waktu pun bergulir, hingga memasuki bulan Ramadan tahun ini. Ia kembali merasa seperti ‘diingatkan’ Allah, saat kesehatannya tiba-tiba menurun, “Desta sempat bilang, kalau aku memang sudah siap untuk berhijab, ya, lebih baik dipakai. Aku dengarnya sangat terharu. Sampai akhirnya 2 hari sebelum puasa, aku pun mulai berhijab,” ungkap Chacha yang sempat merasa deg-degan akan pandangan orang ketika ia ke luar rumah. “Untungnya itu tidak terjadi, orang yang aku temui biasa aja melihatku yang sekarang.”

Setelah dipersunting Desta pada 21 April 2013, aktris muda yang dikenal setelah membintangi sinetron Cinta Cenat Cenut ini memang jarang terlihat di layar kaca. Awal tahun 2015 ia sempat membintangi film layar lebar, Hijab, tapi setelahnya kiprah Chacha belum terlihat lagi. Apa sebabnya?” Pemikiranku memang sudah beda. Kalau dulu mikirnya harus cari duit, tapi sekarang sudah ada yang menafkahi. Jadi, aku mikirnya kalau memang lagi ada pekerjaan ya alhamdulillah, tapi kalau enggak ada ya enggak apa-apa. Desta juga bilang kalau memang lagi enggak ada pekerjaan, ya, mending salurin hobi saja,” ujarnya.

Kini, hari-hari Chacha pun disibukkan dengan mengurus buah hatinya, Megumi Arrawda Sachi yang berumur 15 bulan. Selain itu, ibu muda ini juga masih menuntaskan kuliahnya, “Aku masih semester 2 karena sejak hamil langsung ambil cuti. Tapi, aku tetap ingin lulus S1, walaupun sudah jadi ibu ingin punya wawasan juga,” tutur Chacha yang mengambil jurusan Marketing Communication ini.

Selain menghabiskan waktu dengan kuliah, rupanya perempuan kelahiran 23 November 1993 ini juga tengah merambah dunia bisnis. Chacha mencoba peruntungan berjualan berbagai macam aksesori secara online. “Bisnis ini sudah berjalan hampir setahun. Labelnya N.R.P.”

Chacha pun merasa kegiatan ini menyenangkan. Apalagi sang suami sepenuh hati mendukungnya. “Awalnya Desta bilang dia mau lihat selama apa aku bisa berkomitmen? Ternyata setelah 3 bulan, aku konsisten dengan bisnis ini. Ya sudah, akhirnya Desta minta aku serius menjalaninya, dia juga bantu modalnya. Alhamdulillah, masih bertahan.”

Kalung handmade yang dijualnya memang tak dibuat langsung oleh Chacha. Tapi, ia turun tangan sendiri mencari model aksesori terbaru hingga mengurus sendiri proses pengiriman pada pembeli. “Memang lebih gampang kalau import, jadi aku tinggal cari modelnya. Kebetulan aku sudah langganan beli sama produsennya,” ungkapnya.

Menurut Chacha kesibukannya tersebut membuatnya belum tertarik untuk kembali ke layar kaca. “Aku memang lagi enggak mau ambil sinetron karena sudah punya anak dan sedang kuliah. Apalagi kalau harus syuting lama-lama, kayaknya masih belum pengin. Aku ingin fokus sama yang ada sekarang,” ujar Chacha yang tak merasa takut pamornya akan hilang. “Walaupun enggak syuting kayak dulu, tapi aku tetap punya banyak kegiatan. Aku percaya, meski sudah jarang tampil di layar kaca, tapi pintu rezeki pasti akan terbuka di tempat lain,” ungkapnya.

Jelang Lebaran, Chacha juga mengaku sudah ada rencana jauh-jauh hari menyambut hari nan fitri. Seperti orang kebanyakan, ia pun mengadakan kumpul bersama keluarga besar. “Sebetulnya, ada rencana untuk pulang ke Padang. Tapi, kayaknya susah kalau dadakan. Aku biasanya kalau mau mudik harus janjian dulu sama semua keluarga. Apalagi aku 5 bersaudara. Jadi, Lebaran tahun ini mungkin hanya ngumpul di rumah Mama terus berkunjung ke rumah saudara-saudara.”

Menurut Chacha, tradisi merayakan Lebaran dalam keluarga besarnya tak luput dari menu khusus masakan ibunda, “Mama selalu menyiapkan masakan Minang yang lengkap selama 3 hari berturut-turut. Setelah Salat Id, kami saling maaf-maafan, habis itu makan bersama seluruh keluarga, baru deh kunjungan ke rumah saudara-saudara,” tutur Chacha yang selalu memakai baju warna senada dengan keluarga besarnya.

Namun, ada satu hal yang kini tak dirasakannya. “Beda banget sama zaman dulu sebelum nikah, aku itu pengumpul amplop paling banyak. Ha ha ha. kalau sekarang aku yang ngasih amplop untuk para keponakanku.”

Lebih lanjut, Chacha pun memaknai Lebaran 2015 dengan penuh syukur. Apalagi bulan Ramadan yang ia jalani terasa berbeda. Menikah, memiliki buah hati, dan melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, Chacha merasa batinnya kian kaya dengan pengalaman hidupnya yang baru. “Dua tahun lalu saat Ramadan aku hamil Megumi, terus puasa tahun lalu aku sudah punya anak, dan puasa tahun ini aku menggunakan hijab. Jadi berkahnya beruntun sekali dalam hidup aku. Alhamdulillah, ini bulan di mana aku bisa mengumpulkan pahala dan banyak perubahan positif yang terjadi,” tutupnya.

Antie / Tabloidnova.com

Foto: Adrianus Adrianto/ NOVA

Busana Koleksi: Up 2 Date, Pondok Indah Mall 1 lantai 1 No. 143 B. (021-7659702)

Tata Rias Wajah & Rambut: Lolo (081281214891)

Pengarah Gaya : Michael Panambunan